Ganti oli motor (Shutterstock)
Ganti oli motor (Shutterstock) ( kompas.com)

Apakah Benar Ganti Oli Tidak Boleh Dilakukan Saat Mesin Panas?

28 Mei 2021 20:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Oli merupakan satu komponen yang paling penting pada kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Fungsinya yang krusial sebagai pelumas untuk mencegah terjadinya benturan antara kompenen yang ada dalam mesin, membuat pemilik kendaraan wajib memperhatikan perawataannya agar kondisi jantung pacu tetap optimal.

Bagi para pemilik sepeda motor pabrikan menyarankan untuk melakukan penggantian oli antara 2.000 kilometer sampai dengan 2.500 kilometer.

Kalau motor sudah masuk jarak tempuh tersebut sebaiknya segera dilakukan penggantian. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Salah satunya anggapan yang mengatakan bahwa penggantian oli mesin tidak boleh dilakukan saat mesin masih panas. Lalu, benarkah anggapan tersebut?

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, tidak disarankan mengganti oli pada saat mesin terlalu panas atau dingin. Jadi lebih baik tunggu kondisi mesin hangat alias tidak terlalu panas.

“Ketika kondisi mesin dingin, oli akan lebih kental sehingga membutuhkan waktu lama untuk terkurasnya,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Sementara saat mesin dalam kondisi panas, menurut Ribut akan terjadi pemuaian yang berbahaya untuk bagian baut pembuangan.

“Biasanya akan gampang gugus di ulir baut olinya atau yang biasa disebut slek. Kalau baut oli yang gugus dipaksakan untuk dipasang, nantinya oli mesin malah bocor dari sela-sela baut tersebut,” kata dia.

Ribut juga mengingatkan, ketika memasang baut sebaiknya diputar dulu menggunakan tangan jangan langsung menggunakan kunci. Setelah dirasa berat barulah menggunakan kunci untuk mengencangkannya.

Sebab, kalau langsung menggunakan kunci terkadang tidak menyadari kalau ternyata tidak benar-benar lurus pada lubangnya.

“Jika hal ini terjadi bisa membuat drat dipembuangan rusak atau aus,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Ganti Oli Tidak Boleh Dilakukan Saat Mesin Panas?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/28/081200615/benarkah-ganti-oli-tidak-boleh-dilakukan-saat-mesin-panas-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm