Ilustrasi
Ilustrasi ( Tribunnews.com)

Benarkah Stres akan Hilang dengan Mengelus Kucing ? Ini Penjelasannya

1 Juni 2021 08:47 WIB

SonoraBangka.id - Kita mungkin berpikir untuk mencari aktivitas yang bisa membantu melepaskan stres, seperti berlibur atau menonton serial televisi kesukaan ketika sedang mengalami stres.

Tapi ternyata, aktivitas sederhana seperti mengelus kucing dan bermain dengannya juga bisa membantu kita lebih rileks.

Mengapa demikian? Menurut the Nest, beberapa manfaat mengelus kucing antara lain:

Membantu lebih rileks

Kontak dan sentuhan fisik baik dengan manusia maupun binatang dapat membantu tubuh memproduksi oksitosin, hormon yang dapat mengurangi tingkat hormon stres, kortisol.

Artinya, aktivitas sederhana seperti mengelus kucing sekalipun juga bisa membantu kita melepas stres dan menjadi lebih rileks.

Tak hanya itu, mengelus kucing juga bisa membantu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

Manfaatnya tak cuma dirasakan oleh manusia, tapi kucing juga akan merasa lebih nyaman dengan keberadaan kita dan pada akhirnya bisa membangun keterikatan yang lebih kuat.

Mengurangi kecemasan

Pada umumnya, mengelus kucing dapat membuat kita merasa lebih baik dan lebih bahagia.

Mengurangi jumlah stres dalam hidup dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi kemungkinan menderita penyakit yang berhubungan dengan kecemasan.   

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm