Ilustrasi kentang tumbuk dengan bawang putih
Ilustrasi kentang tumbuk dengan bawang putih ( Shutterstock/AnjelikaGr)

Cocok Saat Sakit Tenggorokan Ini Resep Kentang Tumbuk Bawang Putih

1 Juni 2021 15:12 WIB

SonoraBangka.id - Makanan yang cocok disantap saat sakit tenggorokan biasanya adalah makanan yang lembut. Selain sup, ada pilihan lain yang cukup enak dan mengenyangkan yakni kentang tumbuk atau mashed potatoes. Kentang tumbuk yang satu ini dicampur juga dengan bawang putih yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih bisa bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Bawang putih juga sangat bisa meningkatkan imunitas tubuh dan meredakan flu atau demam. Resep berikut tak sulit cara pembuatannya, bahan-bahannya juga mudah diperoleh. Berikut ini resep kentang tumbuk bawang putih seperti dilansir dari All Recipes.

Resep kentang tumbuk bawang putih

Bahan:

  • 8 buah kentang, kupas dan bagi empat
  • ½ cup (122 gram) susu
  • ¼ cup ( 57 gram) mentega
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • Garam secukupnya
  • Sejumput lada putih
  • 2 sendok makan biji wijen 

Cara membuat kentang tumbuk bawang putih:

  1. Didihkan air dalam panci. Masukkan kentang ke dalam panci, lalu rebus hingga lembut selama sekitar 20-25 menit. Tiriskan dan letakkan di dalam mangkuk lebar.
  2. Campur kentang dengan susu, mentega, bawang putih, garam, dan lada.
  3. Aduk rata dengan mixer atau dengan pengaduk kentang. Bisa juga menggunakan alat apa pun yang ada.
  4. Hancurkan hingga sesuai dengan konsistensi yang diinginkan. Koreksi rasa. Taburi dengan biji wijen.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Kentang Tumbuk Bawang Putih, Karbohidrat Alternatif Saat Sakit Tenggorokan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/05/30/170900775/resep-kentang-tumbuk-bawang-putih-karbohidrat-alternatif-saat-sakit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm