Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock)

Bagaimana Cara Mengarahkan Bakat dan Potensi Generasi Z ? Mau Tahu ?

4 Juni 2021 09:44 WIB

SonoraBangka.idGenerasi Z atau disebut juga generasi Alfa merupakan mereka yang lahir tahun 1995-2010.

Ya, anak-anak yang lahir dan tumbuh bersama teknologi, begitulah generasi Z disebut.

Sering dianggap sebagai generasi paling pintar, orangtua perlu lebih jeli dalam mengenali dan mengarahkan bakat generasi ini.

Ciri utama generasi ini adalah memiliki akses informasi yang sangat mudah dan cepat, sehingga mendukung keberagaman bakat dan talenta yang dimiliki.

"Generasi Z dihadapkan oleh banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi, namun butuh arahan yang sesuai," kata Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga Arief Subahagiyo dalam acara Erlangga Talent Week di Jakarta (2/10).

Vera Itabiliana, psikolog anak dan remaja menyebutkan, kemajuan teknologi digital menjadi tantangan mengembangkan bakat generasi Z yang saat ini masih sangat muda.

Di sisi lain, teknologi digital sendiri sebenarnya bisa menjadi alat bantu untuk mengembangkan bakat.

"Lingkungan terdekat anak memiliki peranan penting dalam mengarahkan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam mengembangkan bakat mereka dan menjaga keseimbangan antara aktivitas di dunia maya dan nyata," katanya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm