Ahmad Dhani
Ahmad Dhani ( HAI Online)

Alasan Ahmad Dhani Beli Lagu Neng Neng Nong Neng: Selera Pendengar Musik Indonesia Menurun

4 Juni 2021 12:50 WIB

SonoraBangkaID

Ketika Ahmad Dhani jadi juri Indonesian Idol pada 2012, banyak tingkah dan komentar nyeleneh yang doi lakuin. Bahkan Ahmad Dhani pernah dadakan beli lagu peserta audisi Indonesian Idol.

Sikapnya yang bisa dibilang breaking the rules memang membuat pentolan Dewa 19 ini menjadi sosok yang selalu ditunggu oleh penikmat Indonesian Idol saat itu.

Ketika dirinya mendadak membeli lagu dari salah satu peserta audisi yang belakangan dikasih judul Aku Ingin Kita Lama Pacaran Di Sini (Neng Neng Nong Neng) yang dibawakannya bersama T.R.I.A.D, momen tersebut nggak akan terlupakan.

“Dulu gue sempet nggak dipercaya jadi juri Indonesian Idol. Mungkin karena sempat jadi juri tamu tapi nggak mengangkat. Tapi kalau yang season ini beda, gue ikutan dari awal dan jujur jadi juri bikin gue lebih kreatif, tanpa harus ngikutin ritme mereka. Kadang malah bikin skenario sendiri, kayak waktu gue beli lagu. Itu sama sekali nggak ada di skrip," ucapnya, dikutip dari Majalah HAI 2012 lalu.

Lagu tersebut Dhani beli dari peserta audisi Indonesian Idol 2012 asal Bandung, Muhamad Ridho.

Dhani membeli lagu tersebut seharga Rp5 juta.

Bisa dibilang, lagunya sebenernya biasa aja. Tapi Dhani nolak kalo lagu tersebut dibilang "kampungan".

"Pelajaran penting dari Indonesian Idol adalah lagu itu nggak ada yang nggak berkelas. Yang membuatnya menjadi mahal atau tidak adalah aransemen. Kenapa gue ambil lagu Neng Neng Nong Neng itu karena gue yakin bisa membuatnya menjadi lebih bagus. Mau on air atau off air gue akan tetap beli lagu itu karena emang catchy menurut gue,” akunya lagi.

Selain itu, ada alasan lain kenapa Dhani malah membeli lagu semacam itu.

Musik yang dibuatnya sebaik mungkin nggak mendapat apresiasi yang masif seperti apa yang didapatnya ketika merilis lagu-lagu bersama Dewa di album Bintang Lima dan Cintailah Cinta.

Hal inilah yang membuatnya selalu menyeimbangkan dengan beberapa materi ringan yang diluncurkannya. Salah satunya ya lagu Neng Neng Nong Neng itu.

 “Sekarang ini selera pendengar musik Indonesia menurun banget. Beda dengan dulu ketika gue rilis album atau lagu dan mendapat respon yang masif. Jaman juga sudah berubah, begitu juga dengan cara pendengar memilih lagu. Kalau ada yang bilang musik gue sudah nggak seperti dulu ya itu bagian dari adaptasi gue dengan kondisi yang ada. Kan nggak mungkin di sekarang ini gue bikin lagu seperti Kirana atau lagu lama Dewa 19 lainnya,” papar kelahiran Surabaya, 26 Mei 1972 ini.

Masih ada yang inget lirik lagu Neng Neng Nong Neng?

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm