Ilustrasi minum kopi
Ilustrasi minum kopi ( shutterstock )

Untuk Dongkrak Produktivitas, Inilah Waktu Terbaik Minum Kopi

6 Juni 2021 18:03 WIB

SonoraBangka.id - Di Indonesia, kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari orang.

Bagi para penggemarnya, kopi dapat dikatakan sebagai teman hidup, yang melengkapi perjalanan keseharian, dan bisa dinikmati kapan saja.

Namun demikian, para ahli mengungkap, ternyata ada waktu yang ideal untuk meminum kopi sehingga berdampak pada produktivitas.

"Jika kamu adalah seseorang yang memiliki toleransi rata-rata terhadap kafein, maka setelah minum kopi, baik di pagi atau sore hari, kamu akan merasa lebih terjaga dan fokus untuk 1-6 jam ke depan."

Demikian penjelasan Tamar Samuels, pendiri Culina Health yang juga ahli diet terdaftar di New Jersey, Amerika Serikat.

"Jadi, kamu bisa menentukan kapan kamu mengonsumsi kafein tergantung pada kapan kamu perlu untuk tetap terjaga dan tidak mengantuk."

Sementara itu, beberapa penelitian menunjukkan, pagi hari pada umumnya adalah waktu terbaik untuk minum secangkir kopi.

Disebutkan pula, kita seharusnya meneguk secangkir kopi 30 menit sebelum kebutuhan untuk menyelesaikan tugas penting.

Misalnya sebelum mengikuti ujian, melakukan presentasi, atau duduk dalam rapat.

"Sebagai aturan praktis, semakin dekat dengan konsumsi, kamu akan semakin terjaga dan fokus," kata Samuels. "Tetapi, orang yang lebih sensitif terhadap efek kafein harus membatasi konsumsinya di pagi hari."

Menurut dia, langlah ini perlu dilakukan demi mencegah gangguan tidur, kecemasan, detak jantung lebih cepat, serta gejala lain akibat asupan kafein.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm