Ilustrasi GTM
Ilustrasi GTM ( anasalwa.com)

Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua, untuk Cegah GTM pada Anak ?

6 Juni 2021 19:38 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu masalah yang kerap dialami para orangtua adalah gerakan tutup mulut (GTM) yang dilakukan balita.

Sering juga orangtua dibuat pusing untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebab, jika tidak ditangani, justru menimbulkan masalah bagi anak, seperti tidak mendapatkan gizi dan nutrisi cukup.

Lantas, bagaimana sedari kecil mencegah anak-anak dari GTM? Chef Steby Rafael mengungkapkan, orangtua perlu membiarkan anak eksplorasi berbagai macam makanan.

"Kita kenalkan, makanan itu enggak satu jenis. Kasih buah-buahan dan sayuran, biarkan dia pilih mana yang disuka," ujar Steby saat acara Beko #EatLikeAPro, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Selain itu, penting untuk digarisbawahi, anak meniru orangtua. Oleh karena itu, jika orangtua rutin mengasup makanan sehat seperti sayuran dan buah, maka anak pun bisa demikian.

Apalagi, menurut Steby, orangtua mengajak anaknya ketika makan makanan tersebut.

Steby mencontohkan, anaknya yang kini menginjak usia dua tahun lahap makan sayur dan buah.

Anaknya pun kini lebih suka makan sendiri. Hal ini diakui hasil dari penerapan pola-pola sehat untuk anak yang dijelaskan di atas.

Dr Diana F Suganda Sp.GK mengakui jika orangtua punya peranan penting agar anak tak sulit makan, sehingga bisa mengasup makanan sehat.

Plus, mengajak anak ketika makan buah atau sayur bisa memberikan dampak positif.

 Diungkapkan Diana, bahwa sebaiknya libatkan anak dalam semua proses, seperti mengupas jeruk.

Sebab, selain pengenalan juga bisa memberikan kesan untuknya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah GTM pada Anak, Ini yang Bisa Dilakukan Orangtua", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/16/211334220/cegah-gtm-pada-anak-ini-yang-bisa-dilakukan-orangtua.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm