Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Pola Pengasuhan Anak Berpengaruh Terhadap Perilaku dan Emosinya

8 Juni 2021 11:10 WIB

SonoraBangka.id - Beberapa orang percaya bahwa bagaimana seorang ibu dididik dan dibesarkan akan mempengaruhi bagaimana dia membesarkan anak-anaknya. 

Setiap orangtua juga tentunya memiliki gaya pengasuhan yang berbeda dan ada teori tentang bagaimana seseorang mengembangkan gaya pengasuhan mereka, serta apa yang memengaruhinya.

Namun, untuk saat ini, belum banyak penelitian yang telah dilakukan untuk melihat bagaimana seorang anak dapat mengubah gaya pengasuhan.

Mungkin kita bertanya-tanya apakah ibu mengasuh setiap anak secara berbeda berdasarkan siapa mereka.

Menurut Medical Xpress, sebuah studi yang dilakukan oleh Elizabeth Shewark dari Michigan State University juga menunjukkan bahwa emosi dan perilaku anak dapat memengaruhi cara orangtua mengasuh anak-anak mereka.

Elizabeth melihat bagaimana lingkungan dapat memengaruhi gaya pengasuhan, khususnya bagaimana emosi negatif anak memengaruhi gaya pengasuhan.

Dia menyatakan bahwa sebagian besar penelitian berakar pada genetika dan lingkungan yang sama antara anak dan orangtuanya.

Studi ini mengamati 561 anak adopsi dan orangtua angkat maupun orangtua kandung mereka.

Elizabeth pun mengikuti anak-anak tersebut sejak mereka masih bayi hingga berusia 12 tahun.

Studi ini dinilai menarik karena orangtua angkat sudah jelas tidak memiliki hubungan genetik dengan anak, tetapi mereka berbagi lingkungan yang sama.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm