( Ist)

Percepat Reformasi Birokrasi, Pemprov Babel Presentasi Strategi Aksi Tiap OPD

9 Juni 2021 15:16 WIB

SonoraBangka.id - Wakil Gubernur Abdul Fatah mengatakan Provinsi Babel mengalami penurunan nilai Indeks Reformasi Birokrasi -0,76 dari 66,84 di tahun 2019 dan 66,08 di tahun 2020, dibandingkan dengan kabupaten kota yang nilainya positif. Fakta ini menjadi acuan bagi kita agar segera berbenah dan mencari tahu dimana letak kelemahan serta titik permasalahannya.

Wagub Abdul Fatah juga mengatakan bahwa tim asesor yang diturunkan dapat mengamati dengan serius paparan area perubahan yang disajikan oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dirinya menyebut jika perubahan positif tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus melibatkan seluruh perangkat daerah.

"Asesor akan menilai sejauh mana setiap OPD mereformasi hal-hal yang berkaitan dengan delapan area perubahan tersebut sesuai dengan norma, standar, dan prosedur yang seharusnya. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap penilaian internal di tubuh Pemprov. Babel dan juga penilaian secara keseluruhan," jelasnya.

Penilaian dilakukan oleh asesor terhadap seluruh paparan yang dilakukan masing-masing OPD yang ada di Lingkungan Pemprov. Babel. Secara cermat, tim akan menilai sejauh mana perubahan yang telah dilakukan tiap OPD. Momen ini menjadi dialog terbuka untuk mengevaluasi titik-titik yang dirasa kurang tepat dari paparan perubahan yang dilakukan. Kehadiran tim asesor selain menuntut juga akan menuntun ke arah reformasi birokrasi dengan penguatan kaidah yang seharusnya sesuai dengan maping strategi yang telah disusun.

"Harapannya, nilai RB Babel dapat naik dibandingkan dengan kabupaten dan kota dari tahun-tahun sebelumnya," harapnya.

Adapun delapan area yang menjadi tolak ukur penilaian indeks perubahan reformasi birokrasi antara lain adalah manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Sementara itu, Kabag Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kerja Biro Organisasi, Wardati mengatakan bahwa Babel telah merubah strategi RB dari tahun sebelumnya. Hal ini bukan karena strategi Babel salah, melainkan lebih kepada upaya percepatan peningkatan ke arah yang lebih baik.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm