LENKA
LENKA ( HAI Online)

Lenka Kembali Groovy Lewat Single dan Video Musik Baru 'Ivory Tower'

10 Juni 2021 11:54 WIB

SonoraBangkaID

Masih inget nggak kalian sama penyanyi dan penulis lagu asal Australia, Lenka?

Beberapa kali pernah datang ke Indonesia dan ia dulu dikenal lewat single-nya 'Trouble Is A Friend' kini kembali hadir dengan single terbarunya 'Ivory Tower' yang dirilis melalui label musik asuhannya endiri, Skipalong Records.

Diproduseri oleh Dave Jenkins (Dua Lipa, Carly Rae Jepsen, Adam Lambert), 'Ivory Tower' mengembalikan Lenka yang nggak melupakan citra pop namun dibubuhi dengan melodi khas retro dengan permainan bass yang groovy dan nuansa nostaljik yang mengupas berbagai topik mulai dari kekuasaan, harta, dan popularitas.

 Video musik untuk 'Ivory Tower' juga telah dirilis (7 Juni) untuk melengkapi hadirnya single ini, video musik ini disutradarai oleh Lenka sendiri barengan sama Mitch Hertz. 

"Di lagu ini aku masuk ke dalam kepala orang-orang kaya, berkuasa, dan serakah yang hanya peduli kepada diri mereka sendiri, sementara orang-orang lain menderita,” ujar Lenka melalui rilis pers.

“Aku mencoba mencari cara untuk dapat berada di posisi mereka; keinginan untuk selalu melindungi dirimu sendiri dan kepuasan menjadi sosok jahat, mungkin? Lagu ini adalah sebuah kritik. Dan mungkin sebuah peringatan.” 

Mengenai inspirasi video klip “Ivory Tower”, Lenka mengatakan, “Aku berkolaborasi dengan Mitch yang menempatkanku di dalam dunia kartun bernuansa foto kopi penuh dengan menara yang akhirnya runtuh, yang kemudian berdiri kembali di atas bumi palsu,” jelas Lenka.

“Estetik video ini terinspirasi dari video art khas 80an dan animasi Monty Python (grup komedi asal Inggris). Adegan yang menampilkan diriku aku rekam sendiri menggunakan iPhone di kamar tidur anakku. Lockdown memaksa kita untuk berkarya menggunakan apa pun yang kita punya di rumah dan rasanya sangat membebaskan.”

Setelah dengerin single baru 'Ivory Tower' punya Lenka ini, nampaknya 2021 menjadi tahun yang ramah bagi musisi lokal ataupun internasional yang milih untuk kembali ke vibe 80-an.

Anyway, musik Lenka emang menyajikan optimisme yang unik sepanjang karirnya, sejak ia masih bersama band Decoder Ring hingga perjalanannya sebagai artis solo yang melahirkan diskografi yang produktif. (*)

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm