Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. (FMMOTORPARTS.com)
Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. (FMMOTORPARTS.com) ( kompas.com)

Tak Perlu ke Bengkel, Ini Cara Mudah Untuk Deteksi Keausan Kampas Rem Mobil

13 Juni 2021 18:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Rem merupakan komponen penting yang berguna untuk menghentikan laju mobil.

Pake atau tidaknya rem amat bergantung dari ketebalan kampas rem, oleh sebab itu pemilik kendaraan harus tahu bagaimana cara mendeteksi keausan kampas rem pada mobil.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, untuk mendeteksi keausan kampas rem bisa dilakukan dengan cara merasakan, mendengar dan melihat beberapa hal.

“Pertama adalah tingkat ke dalaman injakan pedal rem, semakin dalam rem diinjak maka semakin besar potensi keausan pada kampas rem,” ujar Deni kepada Kompas.com belum lama ini.

Untuk mendeteksi hal itu, menurut Deni pemilik kendaraan harus tahu dulu tingkat injakan rem sebelumnya. Bandingkan dengan saat injakan rem masih terasa normal untuk menghentikan laju mobil.

“Rasakan juga getaran yang muncul saat pedal rem diinjak, kampas yang habis sering kali permukaannya tidak rata lagi, hal ini menimbulkan vibrasi akibat bidang yang bersentuhan tidak rata,” kata dia.

Saat kampas rem mulai habis, pemilik mobil biasanya akan mendengar bunyi derit yang timbul dari gesekan logam. Keadaan ini bisa jadi pertanda telah habisnya kemampuan gigit kampas rem.

“Bunyi derit itu akibat gesekan bagian logam kampas rem dan piringan cakram, kalau dibiarkan tidak hanya berbahaya bagi keselamatan, tapi juga dapat merusak cakram,” ucap Deni.

Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa mengecek langsung kampas rem dengan membuka roda dan mengintip ketebalannya.

“Atau bisa juga dengan melihat volume minyak rem di tabung reservoir, kalau minyak rem berkurang tandanya kampas rem mulai menipis,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Perlu ke Bengkel, Ini Cara Mudah Deteksi Keausan Kampas Rem Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/12/154200215/tak-perlu-ke-bengkel-ini-cara-mudah-deteksi-keausan-kampas-rem-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm