Mengamplas lapisan mika lampu mobil yang sudah buram. ()
Mengamplas lapisan mika lampu mobil yang sudah buram. () ( kompas.com)

Cara Membuat Mika Lampu Mobil Jadi Kinclong Lagi

15 Juni 2021 17:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Mika atau kaca jadi komponen yang terpasang paling luar pada bagian lampu mobil. Karena letaknya jadi bagian terluar, maka mika lampu mobil rentan kotor, buram, dan mengalami yellowing atau berubah warna jadi menguning.

Perubahan pada mika lampu mobil tersebut terjadi karena masa pemakaian dan sering terpapar suhu panas baik dari luar maupun dari dalam.

Suhu panas dari dalam dihasilkan oleh sorotan lampu. Sementara sumber panas dari luar akibat kerap terpapar sinar matahari secara langsung. Ini berkaitan dengan perilaku pemilik mobil yang sering memarkir mobilnya tidak di tempat yang teduh.

Saat mika lampu mobil sudah buram, lampu utama mobil akan dirasa lebih redup dari biasanya. kalau sudah terjadi hal seperti ini, umumnya pemilik mobil terdorong untuk mengganti lampu mobilnya dengan produk aftermarket. Padahal permasalahannya ada pada mika lampu, bukan sumber cahaya.

Ketika dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021), Andre dari Nur Maras Autolamp menjelaskan bahwa ada proses restorasi mika lampu mobil yang buram jadi kinclong lagi.

"Caranya dengan diamplas dari grade kasar sampai grade halus berurutan dari grade 400, 800, 1.000, 1.500, 2.000, dan 3.000," ungkap Andre.

Setelah selesai diamplas, ada dua cara untuk melakukan finishing. Yang pertama dengan sistem poles 3 tahap mulai dari poles kasar, poles menengah, hingga poles halus menggunakan wax.

Selain sistem poles 3 tahap, ada pula metode finishing yang disebut Nano Burn Coating. Cara ini memanfaatkan uap dari cairan nano coating yang dipanaskan dalam teko khusus.

Corong teko yang mengeluarkan uap diarahkan ke mika lampu yang sudah diamplas.

Andre mengungkapkan, metode Nano Burn Coating memiliki tingkat keawetan yang lebih lama dari sistem poles 3 tahap. Jika mobil dirawat dengan baik dan tidak sering diparkir di bawah sinar matahari langsung, usia nano coating ini bisa bertahan hingga 2 tahun lebih.

Membahas tentang biayanya, Andre mengatakan restorasi lampu mobil dengan finishing Nano Burn Coating umumnya memiliki tarif sekitar Rp 600.000 untuk sepasang lampunya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Mika Lampu Mobil Kinclong Lagi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/15/111200615/cara-membuat-mika-lampu-mobil-kinclong-lagi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm