( Ist)

Tingginya Jumlah Pelajar Drop Out Sekolah Jadi Perhatian Serius Pemprov Babel

16 Juni 2021 09:27 WIB

SonoraBangka.id - Tingginya jumlah siswa SMA/SMK yang mengalami pemutusan hubungan studi atau drop out (DO) yang salah satu penyebab dikarenakan kehamilan tidak direncanakan, menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel).

Gubernur Erzaldi menekankan data tersebut harus dicarikan solusi secepatnya, dikarenakan data ini berbanding lurus dengan tingginya angka perceraian di Babel secara nasional. Hal ini memungkinkan adanya relevansi kedua data tersebut, sehingga perlu penelitian lebih lanjut.

Gubernur berkeinginan memberikan pelatihan konseling kepada guru BK yang bekerja sama dengan pusat psikologi untuk mengupgrade kemampuan konselingnya, karena guru BK merupakan pionir pembentukan karakter siswa di sekolah.

"Guru BK harus rutin mengadakan konseling bersama siswa dan orang tua, jangan hanya diruangan apabila tidak ada permasalah," jelasnya belum lama ini.

Dirinya juga berpesan jangan lelah mendidik siswa, dikarenakan usia tersebut merupakan pembentukan karakter.

"Sudah banyak contohnya, banyak keberkahan bagi guru karena tulus mengurus anak orang lain. Anaknya sendiri sukses karirnya," pungkasnya.

Sementara Ketua PKK Babel Melati Erzaldi menyampaikan dibutuhkan pendidikan seks sejak usia dini, agar anak mengetahui dampak dan bahaya akibat hubungan tersebut.

"Sehingga anak-anak dapat terhindar dari seks bebas dan pelecehan seksual," ungkapnya.

Ketua PKK Babel ini juga mengatakan kesabaran guru dalam menghadapi sikap dan perilaku para siswa sangat penting. Jika guru tidak memiliki sifat sabar, tujuan kegiatan belajar dan mengajar tidak akan tercapai dengan baik.

"Semoga Bapak/Ibu senantiasa bersabar dalam menghadapi anak didik kita. Anggaplah mereka sebagai anak kita sendiri," pesannya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm