Petugas hotel Harmoni Cipanas Garut menyemprot disinfektan kamar sebelum dan sesudah digunakan orngunjung (dok Harmoni Hotel)
Petugas hotel Harmoni Cipanas Garut menyemprot disinfektan kamar sebelum dan sesudah digunakan orngunjung (dok Harmoni Hotel) ( KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANG)

2 Alat Ini Penting untuk Isolasi Mandiri Covid-19. Apa Sajakah ?

25 Juni 2021 11:27 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini kasus Covid-19 masih menghantui masyarakat di Indonesia. 

Nah, bagi individu terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan dan sangat ringan dapat menjalani isolasi mandiri (isoman).

Ketika hendak melakukan isolasi mandiri di rumah, setidaknya ada dua alat yang perlu kita miliki.

Menurut dr Paulus Arka Triyoga, SpP, Dokter Spesialis Paru dari Eka Hospital Cibubur, dua alat tersebut adalah termometer dan pulse oximeter.

"Sekarang sudah mencari rumah sakit karena sedang penuh banget, sebaiknya minimal ada temperatur suhu jadi tau apakah demam atau tidak," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Sementara pulse oximeter dapat membantu mengecek saturasi oksigen, terutama jika individu yang terkonfirmasi positif memiliki gangguan respiratorik, seperti batuk atau napas berat.

"Kalau sudah di bawah 93-95 persen itu peringatan," katanya.

Penting untuk melapor Meski saat ini kapasitas banyak rumah sakit penuh karena tingginya kasus Covid-19, bukan berarti kita tak perlu melapor jika terkonfirmasi positif Covid-19 dan bisa langsung melakukan isolasi mandiri.

Isolasi mandiri dilakukan setelah terlebih dahulu melapor ke tenaga medis setempat.

Selain dilakukan sebagai bagian dari tracing atau penelusuran kontak erat, melapor juga membuat seseorang bisa mendapatkan anjuran terapi dan penanganan yang tepat jika menunjukkan gejala Covid-19.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm