Ilustrasi mobil mogok (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi mobil mogok (SHUTTERSTOCK) ( kompas.com)

Penyebab Mesin Mobil Bisa Mati Mendadak

27 Juni 2021 19:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika berkendara ada beberapa kemungkinan mengapa mesin mobil bisa mati mendadak. Supaya tidak terjadi, pemilik mobil harus menjaga kondisi mesin dan melakukan perawatan rutin seperti servis berkala.

Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, mengatakan, faktor utama penyebab mesin mati mendadak adalah fuel pump.

"Fuel pump perlu dicek rutin, kalau kotor harus dibersihkan supaya tidak jadi penyumbatan. Penyumbatan inilah yang bisa memicu mesin mobil mati," ujar Deni kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Apabila pompa bahan bakar tersumbat, saluran bahan bakar kehilangan tekanan untuk pengabutan ke ruang bakar. Sehingga proses pembakaran tidak bisa tercipta.

"Bisa juga karena umur fuel pump melemah dan harus diganti. Makanya perlu kontrol rutin dari servis berkala untuk memonitor fungsi kerja mesin secara keseluruhan," ucap Deni.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah dari sistem pengapian mesin seperti busi dan coil on plug (koil).

Kedua komponen tersebut memiliki peran penting dalan menghasilkan nyala api, terutama sewaktu proses kompresi untuk pembakaran mesin.

"Kalau elektroda busi sudah kotor atau habis sudah tidak bisa memantik api. Juga koil yang rusak tidak bisa mengalirkan listrik ke busi, mesin tidak bisa bekerja bahkan sewaktu-waktu mati," kata Deni.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab Mesin Mobil Suka Mati Mendadak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/27/183100215/penyebab-mesin-mobil-suka-mati-mendadak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm