Ilustrasi orangtua yang kesepian
Ilustrasi orangtua yang kesepian ( Thinkstock)

Mau Sehat dan Bahagia Saat Usia di Atas 60 Tahun ? Berikut 5 Kuncinya

30 Juni 2021 17:23 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya, memasuki usia emas yakni di atas 60 tahun, tentu lahir kekhawatiran dan tantangan tersendiri.

Meskipun, hal ini juga dianggap sebagai usia terbaik dalam hidup manusia.

Oleh sebab itu, untuk memaksimalkannya, kita harus tetap berada di jalur yang tepat dalam menjaga kesehatan dan kebahagiaan, agar dapat terus memiliki usia yang panjang.

Nah, berikut ini terdapat beberapa hal yang perlu kita perhatikan supaya tetap sehat dan bahagia saat berada di usia emas.

1. Tidak mengabaikan kualitas tidur yang baik

Banyak orang lanjut usia (lansia) yang mengklaim, semakin tua mereka membutuhkan lebih sedikit tidur.

Namun, pernyataan itu tidaklah benar. Faktanya, lansia yang mengalami kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang lebih rendah sangat rentan terkena nyeri kronis, insomnia, dan kecemasan.

National Sleep Foundation juga merekomendasikan agar orang dewasa, terutama para lansia tetap mendapatkan 7-9 jam tidur berkualitas per malam.

Hal ini dapat mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan demensia.

2. Jangan lupa vaksinasi rutin

Pandemi Covid-19 telah mengingatkan kita bahwa semua lansia harus mengikuti vaksinasi rutin demi menjaga sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit serius, dan bahkan kematian.

Bicaralah dengan dokter tentang vaksinasi lainnya seperti flu, pneumonia, batuk rejan atau pertusis, dan herpes zoster.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm