Panorama di salah satu puncak Gunung Prau
Panorama di salah satu puncak Gunung Prau ( (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya))

Penutupan Seluruh Jalur Pendakian Gunung Prau Mulai 5 Juli 2021

3 Juli 2021 07:22 WIB

Bangkasonora.ID - Seluruh jalur pendakian Gunung Prau akan ditutup pada 5-20 Juli 2021 seiringan dengan berlakunya PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli.

Sekretaris Basecamp Pendakian Gunung Prau via Wates Achmad Afifudin mengatakan, selain mengacu pada kebijakan tersebut, penutupan juga berdasarkan aturan dari Perhutani. “Iya tutup.

Mengacu pada aturan PPKM (dan) mengacu pada surat (dari Perhutani),” tuturnya kepada Kompas.com, Jumat (2/7/2021).


Adapun, surat Perhutani yang dimaksud adalah Surat Pengumuman Nomor 0475/043.7/KDU/2021 tentang Tindak Lanjut PPKM Darurat Jawa dan Bali.

Surat tersebut menyatakan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara menutup seluruh daerah tujuan wisata yang berada dalam kawasan hutan Perum Perhutani KPH Kedu Utara.


Adapun, KPH Kedu Utara meliputi Kabupaten Magelang, Temanggung, Semarang, Wonosobo, dan Kendal. Lima kabupaten tersebut berada dalam Daerah Asesmen 3 yang menerapkan PPKM Darurat.

Kebijakan yang membuat tanggal penutupan berbeda

Meski PPKM Darurat di Jawa-Bali dimulai pada Sabtu (3/7/2021), Achmad mengungkapkan, terdapat kebijakan terkait tanggal penutupan jalur pendakian

“Kita ada kebijakan karena surat baru turun sore ini. Kasihan yang sudah booking tiket, alat, dan sudah dalam perjalanan,” ucap dia.

Adapun, kebijakan yang dimaksud adalah diundurnya tanggal penutupan untuk mengakomodasi para calon pendaki yang sudah terlanjur melakukan hal-hal yang disebutkan oleh Achmad.

Bagi yang sudah memesan pendakian pada periode penutupan jalur, Achmad menjelaskan bahwa calon pendaki dapat melakukan pemesanan ulang dengan mengontak masing-masing basecamp.

Ramai pengumuman di Instagram

Gunung Prau merupakan sebuah gunung yang letaknya di empat kabupaten yakni Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo. Gunung dengan tinggi 2.565 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut memiliki lima jalur pendakian yakni via Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dieng, Dwarawati, dan Wates.


Beberapa di antaranya adalah @basecamp_prau_igirmranak, @gunungprau_viawates, @prau_patakbanteng, dan @ranger_prau yang merupakan akun dari ranger Gunung Prau via Patak Banteng.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com 

SumberKompas Travel
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm