Mi TV Stick
Mi TV Stick ( Dok. Xiaomi)

Cara Praktis untuk Membuat TV Biasa Menjadi Smart TV, Ini Dia Mi TV Stick,

8 Juli 2021 09:00 WIB

Bangkasonora.ID - Bagi Anda yang hanya memiliki TV biasa alias bukan smart TV dan ingin menikmati fitur yang ada pada smart TV, mungkin merasa terlalu mahal jika sampai harus mengganti TV dengan yang baru. Oleh karena itu, Xiaomi menawarkan cara yang lebih terjangkau dan praktis, yakni dengan menghadirkan Mi TV Stick. Secara umum, perangkat ini akan membuat TV biasa menjadi smart TV dengan memasangnya pada porta HDMI.

Jika biasanya perangkat sejenis memiliki dimensi berbentuk kotak cukup besar untuk diletakkan di permukaan datar, Mi TV Stick memiliki ukuran kecil; mirip dengan USB flash disk, tetapi dengan dimensi lebih besar. Bisa dibilang Mi TV Stick adalah sebuah stick PC. Untuk mengoperasikannya cukup menancapkannya ke porta HDMI yang ada pada TV biasa Anda. Bahkan, jika TV tersebut terbilang jadul dan tidak memiliki porta HDMI, Anda masih bisa menggunakannya dengan memanfaatkan adaptor HDMI ke Composite yang mesti dibeli secara terpisah. Sebenarnya, tidak hanya TV biasa saja yang bisa dibuat pintar, tetapi perangkat seperti monitor ataupun proyektor, juga bisa selama memiliki konektor yang mendukung.

Mi TV Stick
Dayu Akbar
 
Paketnya berisi unit serta aksesori pendukung seperti remote control, kabel ektensi HDMI, adaptor daya dengan kabel micro-USB.
 

Mi TV Stick mendukung sampai resolusi Full HD; sudah mumpuni digunakan pada TV sampai ukuran 43 inci. Bagi TV berukuran lebih kecil atau memiliki dukungan resolusi lebih rendah, Mi TV Stick juga menyediakan pilihan resolusi mulai dari 480p @ 60 Hz sampai 1080p @ 60 Hz. Tersedia pula pilihan Auto Switch sehingga perangkat dapat menyesuaikan secara otomatis resolusi pada TV yang digunakan.

Mi TV Stick mendukung surround sound Dolby & DTS. Hanya saja karena tidak ada porta audio sendiri maka keluaran suara hanya mengandalkan sistem audio yang digunakan TV. Jadi jika ingin mengoptimalkan audionya, pastikan TV yang digunakan memiliki porta Audio Out dan menggunakan speaker eksternal.

Mi TV Stick
Dayu Akbar
 
Pastikan TV yang akan digunakan memiliki porta HDMI. Jika posisi portanya terlalu rapat, Anda bisa memanfaatkan kabel ekstensi HDMI yang tersedia dalam paket.
 

Untuk asupan daya, Mi TV Stick mesti terhubung ke jala-jala memanfaatkan adaptor dengan konektor micro-USB. Setelah terpasang, nantinya perangkat akan melakukan boot dan proses pemasangan setelah dipasangkan pada porta HDMI mengikuti panduan melalui langkah-langkah yang ditunjukkan. Pastikan pula jaringan Wi-Fi berada pada jangkauan dan mendapatkan sinyal yang stabil. Setelah berhasil, perangkat akan langsung menampilkan halaman muka yang terdiri dari beberapa aplikasi ataupun layanan streaming populer seperti Netflix, Prime Video, iFlix, Spotify, dan YouTube.

Karena berbasis Android 9.0, di dalamnya sudah terdapat pula Google Play Store yang memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa aplikasi maupun gim. Namun, tentu saja karena berbeda dengan smartphone, jumlah aplikasi yang bisa dipasang lebih sedikit dan terbatas.

Mi TV Stick
Dayu Akbar
 
Fungsi lain pada remote control tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan navigasi, melainkan juga mengaktifkan Google Assistant serta sebagai pengendali saat memainkan gim.
 

Mi TV Stick dipersenjatai dengan SoC yang mengandung CPU quad core Cortex-A53 dan GPU ARM Mali-450. SoC ini ditemani memori utama 1 GB serta media simpan internal 8 GB. Media simpan internalnya sendiri saat kami jalankan pertama kali masih menyisakan kapasitas kosong sekitar 5 GB. Untuk smart TV, kapasitas ini masih terbilang lega karena aplikasi yang mendukung smart TV rata-rata memiliki ukuran tidak besar. Kapasitas penyimpanan tersebut masih mencukupi untuk menampung beberapa aplikasi tambahan. Jadi Anda masih bisa memasang beberapa aplikasi streaming lain yang belum tersedia seperti Disney+ Hotstar, HBO Go, dan Catchplay.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memasang beberapa gim yang tersedia di Google Play Store. Namun, karena keterbatasan dukungan gim serta spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, tidak semua gim yang ada bisa berjalan lancar.

Mi TV Stick
Dayu Akbar
 
Bentuknya mirip USB flash disk besar dengan dimensi 9,24 x 3,04 cm serta bobot 30 gr sehingga mudah dibawa dan dipindah ke TV lain.
 

Kami sendiri mencoba memasang dan menjalankan gim balap seperti Beach Buggy Racing. Hasilnya memang tidak terlalu mulus, tetapi masih tergolong bisa dimainkan. Jangan khawatir, masih ada beberapa gim lebih sederhana yang masih cukup nyaman dimainkan dan menjadi alternatif saat bosan menonton film.

Menariknya, untuk mengendalikan gim tersebut, Anda bisa memanfaatkan remote control. Karena Mi TV Stick mendukung koneksi Bluetooth, Anda bisa menambahkan beberapa perangkat lain seperti mouse, kibor, ataupun gamepad. Dengannya, mengoperasikan aplikasi atau gim jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Sumberinfokomputer.grid.id
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm