Produk ban IRC yang dipajang pada Jakarta Fair 2015 ()
Produk ban IRC yang dipajang pada Jakarta Fair 2015 () ( kompas.com)

Pahami Dampak Pakai Ban Motor Terlalu Lebar

12 Juli 2021 22:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Mengganti ban sepeda motor standar dengan ukuran lebih lebar merupakan hal yang biasa. Namun disarankan ukurannya tidak terlalu jaduh dari ban standar.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan ada dua alasan mengapa ban terlalu lebar bisa berdampak kurang baik.

"Dikhawatirkan begini, misalkan (lebar) peleknya sekian terus kita beli ban yang lebarnya over. Maka ban nanti tidak pas di pelek. Takutnya saat kurang udara atau bebannya banyak, peleknya tidak kuat," kata Dodi kepada Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Selain itu kata Dodi, pemakaian ban yang terlalu lebar juga membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

"Kedua otomatis kalau ban lebih lebar gesekan ke aspal jadi lebih berat. Memang kita seperti tidak merasakan langsung," katanya.

"Orang bilang sama saja sehari-hari isi bensin Rp 10.000 tapi secara teknis klau kita cek di laboratorium akan kelihatan perbedaannya," kata Dodi.

"Kalau kita pakai sehari-hari mungkin tidak berasa. Cuma itu sebetulnya ada efeknya juga, tarikan berat jadi akhirnya ke konsumsi bahan bakar," katanya.

Dodi mengatakan, sebetulnya mengganti ban dengan ukuran lebih lebar tidak disarankan oleh produsen ban. Namun tetap ingin jangan terlalu jauh dari ukuran standarnya.

"Sebenarnya ada aturan teknis yang sebetulnya diikuti. Kalau dari kita, sebaiknya ganti ukuran sama atau kalau mau menaikkan yang lebih lebar naikkan satu step. Masih aman," katanya.

"Tapi kita tidak bisa memaksa orang, karena itu uang dan motor mereka," kata Dodi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pahami Risiko Pakai Ban Motor Terlalu Lebar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/12/191200015/pahami-risiko-pakai-ban-motor-terlalu-lebar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm