Warga berada di kawasan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang yang dalam keadaan sedang gelombang tinggi. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan siaga satu bencana setelah cuaca ekstrem serta banjir rob merendam ratusan permukiman warga, di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung. Status kebencanaan ditetapkan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Roesman, hingga dua hari kedepan, setelah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang. Foto diambil Kamis (14/1/2021)
Warga berada di kawasan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang yang dalam keadaan sedang gelombang tinggi. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan siaga satu bencana setelah cuaca ekstrem serta banjir rob merendam ratusan permukiman warga, di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung. Status kebencanaan ditetapkan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Roesman, hingga dua hari kedepan, setelah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang. Foto diambil Kamis (14/1/2021) ( BANGKA POS/RESHA JUHARI)

BABEL Sering Diguyur Hujan Sepanjang Hari, BMKG Sebut Masuk Zona Belokan Angin dan Konvergensi

14 Juli 2021 17:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Beberapa hari ini, hujan dengan intensitas ringan dan sedang kerap terjadi pada pagi hingga malam hari di beberapa wilayah Bangka Belitung.

Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji menyebutkan fenomena tersebut terjadi karena Bangka Belitung masuk dalam zona angin dan konvergensi.

"Dari dua hari lalu dan juga hari ini, Babel masuk ke dalam zona belokan angin dan kovergensi yang menyebabkan potensi pembentukan awan-awan konvektif mejadi semakin besar di wilayah kita Ini lah penyebab utama masih terjadi hujan di wilayah kita tiga hari terakhir ini," ucap Kurniaji saat dikonfirmasi bangkapos.com, Rabu (14/7/2021).

Lebih lanjut, Dia menerangkan fenomena belokan angin dan konvergensi adalah faktor cuaca skala lokal yang biasanya mempunyai siklus 1-3 hari.

Akan tetapi terkadang menghilang atau berpindah tempat tetapi ada kemungkinan akan kembali lagi di posisi yang sama.

"Melihat dari prakiraan hari ini dan besok yang telah kami sebarkan, nampaknya hujan yg diprakirakan terjadi akibat fenomena ini cenderung hanya pada intensitas ringan hingga sedang saja namun potensi genangnya masih tetap ada,"ucap Kurniaji.

Dia mengatakan tidak ada himbauan khusus yan disampaikan terkait dengan kondisi cuaca yang diprakirakan masih berpeluang untuk turun hujan ringan-sedang pada 2-3 hari ke depan.

Namun yang pasti perlu dilakukan oleh masyarakat yaitu:

  1. Pantau terus kondisi dan prakiraan cuaca di sekitar anda melalui informasi resmi hanya dari BMKG Pangkalpinang atau lewat aplikasi Info BMKG serta berbagai sumber sosial media resmi BMKG yang ada saat ini

    2. Hati-hati jika berkendara saat terpapar hujan dan tetap selalu lengkapi kendaraan             anda dengan atribut lengkap untuk menghadapi hujan di dalam perjalanan.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Bangka Belitung Kerap Diguyur Hujan Sepanjang Hari, BMKG: Masuk Zona Belokan Angin dan Konvergensi, https://bangka.tribunnews.com/2021/07/14/bangka-belitung-kerap-diguyur-hujan-sepanjang-hari-bmkg-masuk-zona-belokan-angin-dan-konvergensi.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm