cup of hot coffee
cup of hot coffee ( Getty Images/iStockphoto)

Waspadai Efek Samping, Berlebihan Minum Kopi di Pagi Hari

15 Juli 2021 11:10 WIB

Bangkasonora.ID - Beberapa orang, mungkin termasuk kita, gemar minum kopi di pagi hari.

Hal ini biasanya menjadi kebiasaan agar kita lebih segar menjalani hari dan enggak mudah mengantuk.

 

Tapi jangan berlebihan minum kopi di pagi hari ya, Ada sejumlah efek sampingnya yang harus kita perhatikan, nih.

Sakit Kepala

Beberapa dari kita mungkin kerap merasakan sakit kepala setelah meminum kopi.

Penelitian menemukan peningkatan risiko migrain dan sakit kepala pada orang yang minum minuman dengan kafein seenggaknya 3 kali sehari.

Meski hubungan antara konsumsi kafein dan migrain masih harus diteliti kembali, memang sebaiknya kita menjaga asupan kafein dari kopi dan minuman lainnya agar enggak berlebihan.

Meningkatkan Gejala Kecemasan

Terlalu banyak asupan kafein pada tubuh dapat mempercepat kerja sistem saraf pusat, sehingga kita bakal gemetar, jantung berdebar kencang, hingga mual.

Ini juga dapat memperparah gejala kecemasan, sehingga kita mungkin akan sulit mengenali faktor penyebab timbulnya gejala tersebut, apakah dari kopi atau karena kecemasan itu sendiri.

Sumbercewekbanget.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm