Ngga heran kalo ada artis atau musisi yang menyambangi kuliner Indonesia, sate menjadi salah satu makanan favoritnya
Ngga heran kalo ada artis atau musisi yang menyambangi kuliner Indonesia, sate menjadi salah satu makanan favoritnya ( HAI Online)

Indonesia Punya 252 Jenis Sate Lokal, 77 Diantaranya Masih Misteri

15 Juli 2021 11:52 WIB

SonoraBangka.ID

Coba sebutkan jenis sate yang kamu ketahui mulai dari sate Madura yang terkenal, sate Taichan yang hits sebelum masa pandemi dan tentu saja sate Padang, Klathak dan sate Lilit.
 
Kalo masih ada sate-sate lain yang bisa kamu sebutkan di kepala, mungkin kamu beruntung pernah mengenal bahkan mencicipi beberapa nama sate yang kamu ketahui.
 
Nah, ternyata nggak terhitung cuma oleh jari tangan dan kaki. Jumlah sate yang dimiliki Indonesia ada jauh lebih banyak daripada yang kita kira sebelumnya.

Pakar kuliner nusantara, Murdijati Gardjito seperti dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), ia memaparkan bahwa ada 252 ragam sate yang bisa ditemui di Tanah Air.

Jumlah tersebut terbagi menjadi 175 ragam sate yang bisa ditelusuri asal-usulnya dan 77 ragam sate lainnya masih misteri alias belum bisa diketahui asal-usulnya.

Murdijati yang juga Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan UGM ini menyebut bahwa 175  jenis sate yang telah diketahui asal-usulnya ini dapat ditemukan di hampir semua daerah kuliner di Indonesia, kecuali Lampung dan Mandar yang tak memiliki sate sebagai makanan tradisionalnya.

Lebih lanjut, ia juga mencatat bahwa wilayah yang memiliki ragam sate paling banyak ada di Yogyakarta. Daerah tersebut mempunyai 21 jenis sate.

Sementara itu, posisi selanjutnya ditempati Semarang yang memiliki 12 ragam sate, serta Bali dan Pekalongan yang masing-masing terdapat 11 ragam sate.

Adapun untuk membuat sate, Murdijati menyebut bahwa bahan-bahan didominasi dengan daging sapi (48,05 persen). Pilihan bahan lainnya yakni daging ayam (37,66 persen) dan daging kambing (20,77 persen), sisanya ada babi, biawak dan lain-lain.

 Lantas, untuk bumbu sate sendiri, masyarakat Indonesia paling sering menggunakan bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan gula kelapa untuk bumbu makanan ini.

Masyarakat juga paling banyak menggunakan kacang tanah (11,51 persen) dalam pembuatan saus atau kuah sate.

Selanjutnya, bawang merah (10,32 persen), bawang putih (9,52 persen), dan kecap manis (8,73 persen).

Untuk pelengkap saat menikmati sate, masyarakat paling banyak memilih kecap manis, bawang merah iris, cabai rawit merah, tomat, serta bawang goreng.

"Dari ragam serta sebarannya yang luas, sate pun pantas menjadi salah satu produk kuliner yang merepresentasikan hidangan Indonesia," jelas Murdijati. 

Ngga heran kalo ada artis atau musisi luar yang menyambangi dna menikmati kuliner kita, sate menjadi salah satu makanan favorit yang disebutkan mereka ketika ditanya wartawan dalam wawancara. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm