Mesin diesel Pajero Sport berkode 4N15 (HEADLIGHTMAG.com)
Mesin diesel Pajero Sport berkode 4N15 (HEADLIGHTMAG.com) ( kompas.com)

Mesin Mobil Diesel Dengan Turbo Sebaiknya Tidak Boleh Langsung Dimatikan

17 Juli 2021 18:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk pemilik mobil diesel tentu pernah mendengar bahwa mesin peminum solar ini tidak boleh langsung dimatikan sehabis jalan. Beberapa mobil diesel bahkan dilengkapi pirati turbo timer untuk mematikan mesin otomatis setelah kunci dicabut.

Pada dasarnya mobil diesel membutuhkan waktu untuk kembali ke posisi idle setelah digunakan. Pada mesin diesel ada beberapa komponen yang rentan jika terjadi perubahan temperatur yang derastis.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan mengatakan, sebaiknya jangan langsung mematikan mesin diesel ketika sampai di lokasi, tunggu sebentar sekitar 20 – 30 detik agar sirkulasi pelumas, pendingin, dan yang lainnya kembali ke kondisi normal lagi.

“Apalagi mesin diesel yang mengadopsi turbo, kalau langsung mematikan mesin dikhawatirkan akan terjadi keausan, sehingga performa mesin menjadi tidak maksimal lagi nantinya,” kata Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pada dasarnya, turbo bekerja pada putaran yang lebih tinggi dari mesin. jika mesin diesel putaran maksimalnya 5.000 rpm, maka turbo berkisar 60.000 rpm bahkan sampai 100.000 rpm. Pada putaran tinggi tersebut, turbo memerlukan pelumasan yang lebih baik dibandingkan saat langsam.

Kalau mesin tiba-tiba atau mesin langsung dimatikan, bantalan atau bearing turbo tidak akan memperoleh pelumasan. Pada saat mesin mati, pompa oli juga akan ikun istirahat. Hal ini berarti turbo tidak lagi mendapatkan pasokan oli.

Jika hal tersebut sering dilakukan, bagian yang rusak pertama adalah turbocharger. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang punya harga yang tidak murah, belum lagi ditambah biaya pemasangannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mesin Mobil Diesel Dengan Turbo Tidak Boleh Langsung Dimatikan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/17/092200015/mesin-mobil-diesel-dengan-turbo-tidak-boleh-langsung-dimatikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm