fungsi spion tengah pada kabin (s515i.com)
fungsi spion tengah pada kabin (s515i.com) ( kompas.com)

Waspada Blind Spot, Begini Cara Atur Posisi Spion Mobil yang Benar

25 Juli 2021 20:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Spion merupakan salah satu komponen mobil yang menjadi alat bantu keselamatan bagi pengemudi.

Ada berbagai jenis spion yang digunakan dalam sebuah mobil, yakni spion samping, spion tengah, dan ada juga mobil yang menggunakan spion jalu.

Fungsi dari spion antara lain sebagai salah satu alat bantu keselamatan bagi pengemudi, untuk melihat kondisi lalu lintas di belakang kendaraan, Mencegah kecelakaan pada saat pindah jalur, membantu pada saat parkir, serta pedoman posisi kendaraan.

Tapi kebanyakan pengemudi tidak melakukan pengaturan posisi spion yang benar. Padahal pengaturan yang benar akan pengemudi lebih nyaman dan aman saat mengendarai kendaraan di jalan raya.

Pada dasarnya setiap kendaraan punya area blind spot atau titik buta dimana pengemudi tidak dapat melihat area tersebut. Area ini sering menjadi titik kecelakaan yang cukup banyak di Indonesia.

Dengan pengaturan kaca spion yang tepat, area blind spot yang tidak dapat terlihat oleh mata manusia dapat sedikit berkurang.

Dengan begitu kejadian kecelakaan yang disebabkan tidak terlihatnya pandangan pengemudi ke area blind spot bisa diperkecil.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, sebaiknya pengaturan posisi spion mobil dilakukan sebelum memulai perjalanan.

Pengaturan yang dilakukan pada saat kendaraan berjalan akan menyebabkan berkurangnya konsentrasi pengemudi.

"Yang perlu kita ketahui untuk mengurangi blind spot tersebut, lebih baik kita maksimalkan visual melalui spion dengan memaksimalkan area pandang ke belakang," kata Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm