Ilustrasi Kopi Cold Brew
Ilustrasi Kopi Cold Brew ( HAI Online)

Kamu Suka Minum Kopi Cold Brew? Nah,Ketahui Dulu Nih Manfaatnya untuk Kesehatan

1 Agustus 2021 07:14 WIB

SonoraBangka.ID - Bagi kalian yang suka minum kopi cold brew atau minuman kopi yang diseduh dengan cara direndam dan didinginkan semalaman, ternyata ada manfaatnya buat kesehatan lho.

Kopi ini dikenal bercitarasa lebih segar dan tidak terlalu pahit. Secara umum, sejumlah penelitian membuktikan manfaat minum kopi hitam tanpa gula asalkan tidak berlebihan terbukti baik untuk kesehatan.
Melansir Kompas.com, menurut Healthline, kandungan antioksidan polifenol yang tinggi dalam kopi disebut bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, sampai mencegah depresi.

Menurut Healthline, berikut beberapa manfaat minum kopi cold brew untuk kesehatan:

 1. Membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan kafein dalam cold brew atau minuman kopi lainnya apat membantu meningkatkan metabolisme tubuh ketika istirahat. Dengan begitu, berat badan bisa lebih terjaga. Semakin tinggi tingkat metabolisme, semakin banyak kalori yang terbakar ketika sedang beristirahat. Menurut penelitian, minum kopi seperti cold brew dapat meningkatkan metabolisme saat istirahat sampai 11 persen.

2. Meningkatkan suasana hati agar lebih positif

Manfaat cold brew lainnya juga dapat membantu meningkatkan suasana hati agar lebih positif, mengurangi risiko depresi, dan meningkatkan fungsi otak. Sebuah tinjauan studi yang mengamati 370.000 orang mendapati fakta, orang yang minum kopi cenderung memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Selain itu, kafein dalam kopi juga bisa membantu meningkatkan fokus dan perhatian.

3. Lebih nyaman di perut dan ramah lambung

Selama ini, banyak orang khawatir minum kopi karena dan takut asam lambung akan naik. Selain itu, kandungan asam yang tinggi dalam kopi juga dianggap sebagai biang gangguan pencernaan dan heartburn (rasa terbakar di dada dan perut atas).

Tetapi, kopi cold brew memiliki kadar keasaman sedikit lebih rendah ketimbang kopi yang diseduh dengan air panas. Hal itu disebabkan kandungan senyawa polisakarida. Karbohidrat atau rantai molekul gula dalam kopi dingin ini dapat meningkatkan daya tahan sistem pencernaan, sehingga bisa mengurangi efek asam yang tak nyaman.

Namun, perlu diingat, manfaat cold brew yang lebih ramah di lambung ini tergantung takarannya. Asalkan tidak berlebihan, umumnya cold brew aman di perut.

 Adapun langkah-langkah atau cara membuat cold brew yakni:
  • Siapkan bubuk kopi yang sudah digiling kasar sebanyak 226 gram, atau delapan ons, atau gunakan rasio sesuai selera dan kebutuhan
  • Tuang bubuk kopi tersebut ke dalam wadah tertutup atau toples besar, lalu tambahkan air sebanyak dua gelas atau 480 miligram
  • Aduk sampai merata lalu tutup toples atau wadah dan simpan di kulkas selama 12-24 jam
  • Cold brew siap disajikan. Gunakan kertas filter atau penyaring kopi untuk memisahkan seduhan kopi dan bubuk kopi

Nah itu tadi manfaat minum kopi cold brew untuk kesehatan dan cara membuatnya. Tetapi ingat juga jangan berlebihan ya mengonsumsinya.

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm