Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). (MOTOGP)
Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). (MOTOGP) ( kompas.com)

Insiden Wearpack Quartararo, MotoGP Tambah Pesan di Dasbor Motor

13 Agustus 2021 19:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Masing-masing motor balap MotoGP, punya layar TFT pada bagian dasbor yang punya banyak fungsi. Salah satunya digunakan untuk mengirim pesan ke pebalap.

Pesan yang dikirim bisa dari tim atau dari Race Director. Ada beberapa pesan atau kode yang bisa dikirim ke layar tersebut agar bisa dibaca dan dipahami para pebalap.

Dikutip dari MotoGP.com, Jumat (13/8/2021), pekan ini, MotoGP akan menyematkan dua pesan terbaru. Dua pesan ini muncul sebagai respons dari dua insiden yang terjadi belakangan ini.

Pesan pertama berhubungan dengan perlengkapan pebalap, seperti baju balap atau wearpack, sarung tangan, sepatu balap, helm, dan lainnya. Pesan kedua, berkaitan dengan gaya balap.

Race Director Mike Webb, mengatakan, pada MotoGP Catalunya terjadi sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Wearpack tidak berfungsi dengan benar dan pebalap perlu diberi tahu untuk membenarkannya.

Saat itu, wearpack yang digunakan Fabio Quartararo terbuka. Pebalap Yamaha tersebut hingga terpaksa membuang pelindung dadanya yang mengganggu karena wearpack terbuka.

Membalap tanpa pelindung jelas menyalahi aturan. Sehingga, Quartararo dikenakan penalti setelah insiden tersebut.

"Tidak ada sinyal yang tepat, kami punya sinyal tentang kegagalan pada motor, sinyal tentang diskualifikasi dan hal-hal seperti itu, tapi kami puutuskan setelah insiden ini bahwa kami butuh sinyal spesifik tentang perlengkapan pebalap," ujar Webb.

Menurut Webb, hal tersebut berbeda dengan kegagalan pada motor, di mana motor bisa terjadi kebocoran oli atau cairan lainnya dan perlu untuk segera keluar dari trek.

Untuk masalah perlengkapan pebalap, atau suatu masalah yang tidak mendesak namun perlu diperbaiki, maka situasinya berbeda.

"Jadi, kami punya sinyal baru di dasbor, yang menunjukkan 'Equipment' pada dasbor pebalap dan maksudnya sudah dijelaskan pada pebalap dan tim, bahwa ada masalah dengan perlengkapan Anda dan Anda dibutuhkan untuk memperbaikinya secepatnya," kata Webb.

Webb mengatakan, untuk membenarkan perlengkapan tersebut, tidak masalah bila pebalap harus masuk ke pit atau bahkan saat sedang balapan. Namun, yang jelas harus segera diperbaiki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Wearpack Quartararo, MotoGP Tambah Pesan di Dasbor Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/13/162100915/kasus-wearpack-quartararo-motogp-tambah-pesan-di-dasbor-motor.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm