Sambal teri jengki.
Sambal teri jengki. ( Dok. Sajian Sedap)

Cocok Sebagai Pendamping Nasi Hangat, Berikut Resep Teri Balado Kering

14 Agustus 2021 15:33 WIB

SonoraBangka.id -  Ikan teri kering dapat dikreasikan menjadi beragam hidangan. Salah satunya yakni teri baladoCara membuat teri balado kering ini sederhana saja. Bumbu yang dibutuhkan hanya bawang putih, cabai, dan gula pasir.  Untuk pelengkap hidangannya, kamu dapat menambahkan kentang, tempe, kacang tanah, maupun pete.  Baca juga: Resep Sambal Teri Jengki, Bisa Jadi Lauk Makan Berikut resep teri balado kering dari buku "Gemar Makan Ikan - 25 Cita Rasa Ikan Asin" karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama yang mudah disontek oleh pemula.

Resep teri balado kering 

Bahan

  • 300 gram teri kering asin, cuci dan tiriskkan
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng dan menumis 

Bumbu halus

  • 2 sdm irisan bawang putih 
  • 3 sdm cabai merah 
  • 2 sdt gula pasir

Cara membuat teri balado kering

  1. Panaskan minyak di dalam wajan. Goreng ikan teri hingga kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 
  2. Panaskan sedikit minyak sisa menggoreng teri. Tumis bumbu halus sampai harum. Biarkan sejenak hingga bumbu mengental. 
  3. Masukkan ikan teri yang sudah digoreng, aduk rata agar terbalut bumbu. Angkat lalu sajikan sebagai lauk pelengkap nasi. 

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Teri Balado Kering, Lauk Pendamping Nasi Hangat ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/07/201100275/resep-teri-balado-kering-lauk-pendamping-nasi-hangat-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm