ac mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani)
ac mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani) ( kompas.com)

AC Mobil Bau Apak Ketika Baru Dinyalakan, Apa Penyebabnya?

19 Agustus 2021 18:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Pendingin kabin atau air conditioner (AC) merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Terlebih bagi wilayah yang punya dua musim sebagaimana Indonesia.

Tapi dalam pemakaiannya, sering kali pemilik merasakan ada bau kurang sedap yang berembus ketika AC baru dinyalakan. Padahal pada penggunaan terakhir baik-baik saja.

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong menjelaskan, hal tersebut dikarenakan kondisi AC sedang tidak sehat. Penyebabnya beragam, mayoritas evaporator kotor. Bisa juga karena posisi terakhir mobil tidak baik, seperti langsung terpapar sinar matahari atau sekelilingnya kotor.

“Pastinya, kalau AC baru dinyalakan dan ada bau apak, berarti AC sudah tidak sehat meski udaranya masih dingin,” ucap Kelvin kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Lebih jauh, jika dalam beberapa menit setelahnya embusan AC menjadi tidak dingin, maka pemilik patut melakukan pemeriksaan ke bengkel guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Suhu normal AC itu tiga sampai delapan derajat (pengukuran dengan alat termometer digital). Kalau suhunya di atas itu, jelas AC mobil tidak normal atau tidak sehat,” kata dia.

Oleh karena itu, Kelvin menyarankan, lakukan perawatan AC secara rutin dan detil, jangan hanya servis standar dan ganti filter saja.

“Cek komponen receiver dryer, expansion valve, hingga flushing system. Receiver dryer merupakan komponen yang memiliki peran penting untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam mesin atau sistem AC. Sementara, expansion valve berperan mengubah freon cair ke dalam bentuk gas,” ujar Kelvin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AC Mobil Bau Apak Saat Baru Dinyalakan, Apa Penyebabnya?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/19/124200415/ac-mobil-bau-apak-saat-baru-dinyalakan-apa-penyebabnya-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm