Gula darah yang tinggi juga bisa dialami oleh orang yang tidak mengalami diabetes.
Gula darah yang tinggi juga bisa dialami oleh orang yang tidak mengalami diabetes. ( iStockphoto)

Ini 7 Penyebab Gula Darah Naik padahal Bukan Pasien Diabetes

4 September 2021 07:35 WIB

BANGKASONORA.ID - Kadar gula tinggi bukan hanya dialami oleh pasien diabetes. Orang yang bukan pasien diabetes juga bisa mengalaminya. 

Hal ini tentu harus diperhatikan dan diwaspadai. Sebab, jika kadar gula darah dalam tubuh terlalu tinggi, kita berisiko terserang diabetes.

Diabetes bisa menyerang orang dewasa, maupun anak-anak.

Selain itu, kadar gula darah yang tinggi juga bisa memicu penyakit jantung dan syaraf jika dibiarkan.

Kadar gula darah sendiri adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah.

Kadar gula darah dalam tubuh bisa berubah-ubah tergantung dari asupan nutrisi dari makanan atau minuman, khususnya karbohidrat dan gula. 

Makanan seperti nasi, buah, dan susu pasti mengandung gula. Gula yang berasal dari makanan akan diubah menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh.

Untuk mengubah gula menjadi energi, tubuh memerlukan bantuan zat insulin. Zat insulin dibuat sendiri oleh pankreas yang ada di dalam tubuh kita.

Tanpa zat insulin, gula yang ada di dalam tubuh kita tidak bisa diolah menjadi energi. Akhirnya, gula yang ada di tubuh kita akan menumpuk di dalam darah.

Karena itu, kita perlu menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang, supaya tidak terkena berbagai gangguan kesehatan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm