Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Jangan Anggap Enteng, Ini 5 Manfaat Cuci Tangan Selama 20 Detik!

4 September 2021 10:52 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini para ahli telah merekomendasikan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sebaiknya dilakukan setidaknya selama 20 detik.

Hal itu penting karena sabun membutuhkan waktu untuk mengikat molekul air dan minyak secara bersamaan.

Selain itu, sabun juga memerlukan waktu tidak sebentar untuk bisa mengangkat kuman-kuman pada tangan untuk dibuang bersama aliran air.

Manfaat mencuci tangan selama 20 detik Melansir Buku Kata Dokter (2013) karya dr. I Made C. Wirawan, 80 persen dari seluruh kasus penyakit menular ditularkan melalui sentuhan tangan.

Jadi, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah tertular dan menularkan penyakit.

Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa diraih dari aktivitas mencuci tangan selama 20 detik:

1. Mencegah risiko tertular flu, demam dan penyakit menlar lainnya sampai 50 pesen

2. Mencegah tertular penyakit serius seperti hepatiris A, meningitis, dan lain-lain

3. Menurunkan risiko terkena diare dan penyakit pencernaan lainnya sampai 59 persen

4. Jika mencuci tangan sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan, sejuta kematian bisa dicegah setiap tahunnya

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm