Karena ukurannya yang raksasan, ular Titanoboa disebut-sebut sebagai ular terbesar di dunia.
Karena ukurannya yang raksasan, ular Titanoboa disebut-sebut sebagai ular terbesar di dunia. ( HAI Online)

Gimana Wujud Titanoboa yang Pernah Jadi Ular Terbesar di Dunia?

14 September 2021 06:56 WIB

SonoraBangka.ID - Mungkin saat ini orang-orang mengenal anaconda sebagai ular terbesar di dunia. Namun ternyata lebih jauh dari itu, ukuran anaconda belum apa-apanya kalo dibandingin sama ular Titanoboa!

Berdasarkan penemuan tim ilmuwan Internasional di Kolombia, kerangka parsial ular raksasa yang mereka sebut sebagai Titanoboa cerrejonensis ini punya panjang mencapai 12–13 meter.

Berdasarkan kerangka yang saat ini disimpan di Museum Sejarah Alam, Florida ini, ilmuwan menyebut ular ini lebih ngeri daripada monster-monster di film Hollywood!

“Ular yang sangat besar. Benar-benar menarik imajinasi orang, tetapi kenyataan telah melampaui fantasi Hollywood,” ujar ahli paleontologi vertebrata Museum Florida, Jonathan Bloch, melansir laman Museum Florida.

Sementara itu menurut Jason Head, seorang ahli paleontologi di University of Toronto, titanoboa punya tubuh yang sangat lebar, melebihi anaconda yang punya panjang 6 meter dan berat mencapai 200 kg.

Sayangnya, melansir Smithsonian, tengkorak ular tersebut hampir nggak pernah ditemukan karena sangat rapuh dan mudah hancur.

Alhasil, gambaran jelas dan akurat ular titanoboa belum dapat dipastikan hingga saat ini. 

 Meski begitu, para ahli sukses mengungkap fragmen dari tiga tengkorak titanoboa yang memudahkan mereka untuk mengetahui penampakan sebenarnya ular raksasa tersebut.

Menurut Bloch, ular yang beratnya mencapai 1,25 ton ini hidup selama Zaman Paleosen, periode 10 juta tahun setelah kepunahan dinosaurus.

Selama ekspedisi, para ilmuwan menemukan banyak kerangka kura-kura raksasa dan kerabat buaya primitif yang sudah punah yang kemungkinan dimangsa oleh ular titanoboa.

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm