Susu kacang hijau banyak manfaatnya selama puasa ini
Susu kacang hijau banyak manfaatnya selama puasa ini ( HAI Online)

Penjelasan Orang yang Selesai Donor Darah Biasa Diberi Susu dan Kacang Hijau

17 September 2021 12:51 WIB

SonoraBangka.ID

 Setelah sesorang selesai mendonorkan darahnya, biasanya mereka akan diberi makanan dan minuman oleh petugas.

Nah, dari banyak makanan dan minuman yang ada, kacang hijau dan susu jadi dua sajian yang paling sering diberikan kepada para pendonor. 

 Menurut DR. dr. Tan Shot Yen, M. Hum, seorang dokter sekaligus ahli gizi masyarakat, bubur kacang hijau dan susu yang diberikan untuk para donor merupakan tambahan yang hanya ada di Indonesia, nggak merata di dunia atau negara lainnya. 

"Sebenarnya sih itu hanya bonus karena dianggap mengeluarkan darah bisa hipotensi dan butuh asupan. Di luar negeri tidak begitu," kata Tan seperti dikutip Kompas.com pada Senin (6/9/2021). 

Tan mengatakan, bubur kacang hijau dipilih karena termasuk sajian yang murah dan mudah dibuat, sedangkan susu dianggap sebagai asupan yang sehat. 

"Indonesia masih erat dengan suatu kepercayaan bahwa semua yang berhubungan dengan susu itu sehat, sedangkan kacang hijau memang mudah dibuat dan murah sebagai kudapan, seperti di posyandu pun dibagikan," ungkap Tan.

Bubur kacang hijau yang diolah dengan tambahan gula dan bahan lain dengan takaran secukupnya, menurut Tan, nggak masalah untuk dijadikan hidangan setelah donor darah. Selama yang disajikan bukanlah bubur kacang hijau kemasan yang termasuk produk ultra proses. 

Tan menganjurkan untuk menghindari gula rafinasi dalam pembuatan bubur kacang hijau, sebaiknya menggunakan gula merah secukupnya. 

Sayangnya untuk susu, Tan mengatakan bahwa beberapa produk minuman jenis tersebut termasuk kategori produk ultra proses. Produk ultra proses sendiri merupakan produk kemasan yang diolah dengan berbagai tambahan food additives, seperti gula, lemak, dan penguat rasa. 

Jenis susu yang sebenarnya disarankan oleh Tan untuk dikonsumsi setelah donasi darah adalah pasteurised milk

Tan menyatakan lebih merekomendasikan pemberian kacang hijau dan telur rebus ketimbang susu. Pasalnya, kacang hijau dan telur rebus merupakan produk lokal. Selain itu, sejumlah masyarakat Indonesia alergi terhadap susu. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm