Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021(Gold and Goose)
Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021(Gold and Goose) ( kompas.com)

Komentar Dovizioso Menegenai Balapan Pertamanya Pakai Yamaha

21 September 2021 22:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Andrea Dovizioso kembali ke kubu Yamaha usai bertahun-tahun di Ducati. Walau tertinggal jauh, namun Dovi akui merasakan peningkatan pada balapan pertamanya.

Catatan waktu Dovi pada MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Italia, Minggu (19/9/2021), ternyata bisa lebih cepat daripada saat sesi latihan bebas.

Pebalap tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) tersebut mencatatkan waktu tercepatnya pada lap ke-16 dari 27 lap. Tapi, dia berhasil lebih cepat lagi saat dua lap terakhir.

Catatan waktu resminya adalah 1 menit 33,493 detik. Bila diperhatikan, masih lebih cepat dibandingkan Franco Morbidelli yang sudah pindah ke tim pabrikan Yamaha.

Pada dua lap terakhir, Dovi mencatatkan waktu 1 menit 33,231 detik. Catatan waktu tersebut sama seperti para pebalap di sepuluh besar.

Sayangnya, catatan waktu tersebut dibatalkan dengan alasan Dovi melebihi track limit. Bahkan, catatan waktunya masih lebih baik dari rekan setimnya, Valentino Rossi.

"Balapan ini bagus untuk belajar dan mendapat masukan, karena sebelum balapan saya tidak punya kecepatan untuk bertahan dengan grup. Saya setengah detik lebih lambat, tapi saat balapan saya mampu bertahan," ujar Dovi, dikutip dari Crash.net, Selasa (21/9/2021).

Dovi menambahkan, saat dia melakukan kesalahan dan harus melakukan long lap, kecepatannya justru meningkat pesat setelah itu. Bahkan, lebih cepat daripada saat sesi latihan bebas.

"Feeling dengan motor berubah saat balapan, saya mencoba banyak hal selagi balapan dan saya punya banyak feeling yang bagus di beberapa area," kata Dovi.

Sekarang, menurut Dovi, tinggal menyatukan semuanya dan menjelaskan sebanyak dan sebaik mungkin pada timnya. Sebab, dia masih merasa kesulitan pada pengereman, namun membaik pada akhir-akhir balapan.

"Kami harus memahaminya, apa yang harus kami lakukan. Setelah itu, saya bisa bekerja sedikit saat di tengah tikungan, keluar tikungan, dan menggunakan seluruh potensi motor," ujar Dovi.

Untuk diketahui, Dovi saat ini menggunakan YZR-M1 versi 2019, yang sebelumnya digunakan Morbidelli. Sementara ketiga pebalap lainnya, menggunakan Yamaha M1 versi terbaru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komentar Dovizioso Soal Balapan Pertamanya Pakai Yamaha", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/21/132100015/komentar-dovizioso-soal-balapan-pertamanya-pakai-yamaha.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm