'Squid Game' dianggap meniru film Jepang berjudul 'As The Gods Will'.
'Squid Game' dianggap meniru film Jepang berjudul 'As The Gods Will'. ( HAI Online)

Serial Squid Game Dituding Jiplak Film Jepang, Ini Penjelasan Sang Sutradara

24 September 2021 12:40 WIB

SonoraBankga.ID - 

Serial drama Korea berjudul ‘Squid Game’ menghadapi tudingan dari netizen yang menyebutnya meniru film Jepang berjudul 'As The Gods Will'.

Serial yang dirilis pada 17 September 2021 ini sendiri menjadi salah satu paling banyak ditonton dan menduduki peringkat kedua di Netflix setelah 'Sex Education'.

 Namun, di tengah popularitasnya yang makin tinggi, tudingan plagiasi muncul. Di medsos, sejumlah netizen menunjukkan kesamaan antara plot dari 'Squid Game' dan 'As The Gods Will', di mana kedua film ini sama-sama melibatkan pertandingan survival death dengan permainan masa kanak-kanak.

Salah satunya netizen Korea Selatan yang baru-baru ini mengunggah kompilasi tangkapan layar yang menunjukkan kesamaan antara dua film tersebut.

Beberapa kesamaan lain di antaranya bidikan close-up, kepala boneka raksasa dalam permainan ‘Red Light Green Light', hitungan waktu mundur, hingga ekspresi para aktor.

Sementara itu sang sutradara, Hwang Dong Hyuk yang meski mengakui bahwa permainan pertama memang mirip dengan film Jepang tersebut menegaskan bahwa naskah Squid Game telah digarap sejak 2008.

“Memang bernar (permainan pertama) mirip, tapi setelah itu tidak ada kesamaan lagi. Saya mengerjakan (Squid Game) pada 2008 dan 2009, dan pada saat itu game pertama sudah ditetapkan sebagai Red Light Green Light,” kata Hwang, mengutip NME, Kamis (23/9/2021).

Dia juga menunjukkan bahwa 'As The Gods Will' dibuat pada tahun 2010-an dan menegaskan dirinya udah lebih duluan bikin 'Squid Game'.

“Ini bukan sesuatu yang ingin saya lakukan, (untuk mengklaim) kepemilikan cerita ini. Tetapi jika saya ingin mengatakan, saya akan mengatakan bahwa saya melakukannya terlebih dahulu,” jelas Hwang.

FYI, 'Squid Game' merupakan serial yang mengisahkan sekelompok orang yang ditangkap untuk memainkan permainan masa kecil mereka demi mendapatkan hadiah. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm