Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos )

Apa Sebab Wanita Tak Kunjung Hamil? Yuk Mengenal Infertilitas Sekunder

25 September 2021 13:16 WIB

SonoraBangka.id - Jika kehamilan anak kedua tak kunjung terjadi, bisa jadi kita dan pasangan mengalami infertilitas sekunder. Apa itu infertilitas sekunder? 

Sekitar 10-15 persen pasangan mengalami infertilitas dan sepertiganya mengidap infertilitas sekunder.

Infertilitas menurut WHO didefinisikan sebagai kegagalan pasangan suami istri untuk hamil setelah satu tahun berhubungan seksual secara teratur tanpa alat kontrasepsi.

Definisi ini juga berlaku pada infertilitas sekunder, tetapi dalam hal ini pasangan tersebut sudah memiliki anak sebelumnya.

Dalam hal kesuburan, riwayat kehamilan dan persalinan sebelumnya tidak selalu membuat peluang kehamilan selanjutnya lebih mudah.

"Hal ini lebih seringkali berkaitan dengan bertambahnya usia yang memengaruhi kuantitas dan kualitas sel telur dan sperm," kata dr. Upik Anggraheni, Sp.OG-KFER, dokter spesialis kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi, RS Pondok Indah IVF Centre.

Jadi, penyebab infertilitas sekunder ini bukan hanya salah satu pihak (perempuan atau lelaki) saja, tetapi keduanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm