Presiden Joko Widodo Resmikan Venue PON XX di Papua, Sabtu (2/10/2021)
Presiden Joko Widodo Resmikan Venue PON XX di Papua, Sabtu (2/10/2021) ( IST)

Presiden Joko Widodo Resmikan Arena Olahraga PON ke-20 di Papua

2 Oktober 2021 15:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden RI Joko Widodo meresmikan arena olahraga untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Sabtu (2/10/2021) hari ini.

Jokowi menyebutkan, gelanggang tersebut siap dimanfaatkan untuk mendukung suksesnya PON yang baru pertama kali dilaksanakan di Papua.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim venue-venue PON ke-XX pagi hari ini saya nyatakan di resmikan,"ucap Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).


Jokowi menyampaikan, arena olahraga untuk pelaksanaan PON sudah berstandar internasional mulai dari mulai dari Istora Papua Bangkit, arena akuatik, arena kriket, arena hiki, arena dayung, arena panahan sampai arena sepatu roda.

Berbagai arena olahraga ini menghadirkan inovasi kecanggihan konstruksi yang hemat energi dan ramah lingkungan.


"Setelah mampu membangun venue yang terbaik ini pekerjaan kita belum selesai. Tugas selanjutnya adalah menjaga, tugas selanjutnya adalah merawat dan tugas selanjutnya adalah memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya,"tambahnya.


Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap agar seluruh pihak bisa merawat, menjaga dan memanfaatkan arena olahraga dengan baik.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta para bupati dan wali kota agar segera menyiapkan manajemen pengelolaan pemanfaatan fasilitas ini secara profesional "Manfaatkan venue ini sebagai tempat penjaringan bibit unggul olahraga, pembinaan para atlet Papua, untuk semakin berprestasi baik di tingkat nasional maupun di tingkat dunia," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, bila PON XX digelar pada 2-15 September 2021. Ajang olahraga nasional empat tahunan ini akan mempertandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia yang didampingi tim pelatih berjumlah 3.000 orang.


Adapun tempat utama penyelenggaraan PON berada di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang berkapasitas sekitar 40.000 penonton.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Resmikan Arena Olahraga PON ke-20 di Papua", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/10/02/11342281/jokowi-resmikan-arena-olahraga-pon-ke-20-di-papua.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm