Ilustrasi rambut beruban
Ilustrasi rambut beruban ( Shutterstock )

Rambut Sudah Beruban Walau Masih Muda, Mau Tahu Penyebabnya?

4 Oktober 2021 10:21 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya usia yang sudah cukup lanjut identik dengan rambut beruban.

Usia memang menjadi salah satu penyebabnya, tetapi di samping itu ternyata ada berbagai penyebab rambut berubah di usia muda.

Maka itu, tidak heran jika Sahabat NOVA yang masih remaja bisa saja menemukan ada sehelai atau bahkan lebih rambut putih di kepalamu.

Namun, tenang saja, melansir Kompas.com, berikut lima penyebab rambut beruban di usia muda. Yuk, simak!

1. Stres

Sekarang ini tampaknya setiap orang bisa menghadapi dan merasakan stres karena berbagai hal.

Pasalnya, dampak dari stres bisa menyebabkan seseorang menjadi usah tidur, gelisah, nafsu makan terganggu, dan membuat tekanan darah jadi naik.

Tidak hanya itu, ternyata stres juga menjadi salah satu alasan mengapa rambut beruban di usia muda. Bahkan hal ini terbukti dari salah satu penelitian.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nature Medicine mengungkapkan bahwa stres dapat menguras zat pemberi warna pada rambut.

Maka dari itu, ada baiknya anak remaja mencari celah untuk mengurangi ketegangan agar rambutnya tidak memutih sebelum waktunya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm