ILUSTRASI VAKSIN
ILUSTRASI VAKSIN ( IST)

Capai Setengah Sasaran, Capaian Vaksinasi Dosis Pertama di Bangka Belitung

4 Oktober 2021 16:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini cakupan vaksinasi dosis pertama di Bangka Belitung (Babel) sudah mencapai angka 51,26 persen atau setengah dari jumlah sasaran yakni 1.137.824 jiwa hingga tanggal 3 Oktober 2021 kemarin.

Cakupan vaksin pertama di  Bangka Belitung ini lebih besar dibandingkan dengan cakupan Nasional yang 45,09 persen.

Adapun dengan rincian paling besar di Kota Pangkalpinang (66,03 persen) dan paling kecil di Kabupaten Bangka Selatan (38,44 persen).

Juru Bicara Vaksinasi serta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo menyebutkan selain gencar vaksinasi dosis pertama, mereka juga fokus mempercepat cakupan vaksinasi dosis kedua.

Pasalnya, cakupan vaksin kedua di Babel (24,27 persen) lebih kecil dibandingkan dengan cakupan Nasional yakni (25,30 persen).

Dengan rincian paling besar di kota Pangkalpinang (38,51 persen ) dan paling kecil di Kabupaten Bangka Selatan (9,61 persen).

"Dosis pertama memang sudah setengah dari sasaran yang ditentukan oleh pusat, cuma kita harapkan tidak hanya di dosis pertama, tetapi dosis kedua, kita masih punya PR besar agar mencapai 50 persen juga," kata dr Bangun, Senin (4/10/2021).

Dia mengingatkan supaya masyarakat segera melaksanakan dosis kedua, apabila waktu telat tiba yakni 28 hari setelah suntik dosis pertama.

"Pelaksanaan dosis kedua terus berjalan, jadi diharapkan masyarakat melakukan suntik kedua, bila sudah sesuai dengan waktunya, agar kekebalan tubuh yang diterima terbentuk sempurna,"lanjutnya.

Berikut cakupan vaksinasi di wilayah kabupaten atau kota di Babel meliputi:

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm