SPBU Pertamina menerapkan prosedur pemasangan safety cone di depan mobil saat mengisi BBM.(GRIDOTO.com/RIANTO PRASETYO)
SPBU Pertamina menerapkan prosedur pemasangan safety cone di depan mobil saat mengisi BBM.(GRIDOTO.com/RIANTO PRASETYO) ( kompas.com)

Mobil Matik dan Manual, Mana yang Lebih Irit Konsumsi Bahan Bakar?

5 Oktober 2021 22:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Sekarang ini kendaraan dengan transmisi otomatis sudah mulai banyak beredar di pasar otomotif Indonesia. Bahkan mobil dengan transmisi matik mempunyai penjualan yang cukup tinggi.

Kemudahan dalam pengoperasiannya menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang beralih menggunakan mobil matik dibandingkan manual.

Kemudahan dalam pengoperasiannya menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang beralih menggunakan mobil matik dibandingkan manual.

Untuk konsumsi bahan bakar, mobil dengan transmisi matik dan transmisi manual tidak terlalu berbeda jauh.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, perbedaan konsumsi bahan bakar mobil manual dengan mobil matik tidak terlalu berbeda jauh, tergantung cara mengemudikannya juga.

"Harusnya manual lebih irit daripada matik, kalau matik kan perpindahan iginya diatur oleh ECU atau komputer. Kalau manual kan kita sendiri yang mengatur, jadi bisa lebih responsif atau lebih irit tergantung bagaimana kita yang mengatur," kata Didi kepada Kompas.com Selasa (5/10/2021).

Secara teoritis kalau diatur oleh komputer akan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Tapi Didi mengatakan kalau secara pengukuran akan lebih irit mobil dengan transmisi manual.

"Secara teoritis begitu, tapi secara kita pengukuran juga lebih irit yang manual. Tapi kalau secara perbandingan jika kondisi sama akan lebih irit manual tetapi perbedaanya tidak terlalu jauh," ucap Didi.

Didi juga mengatakan, untuk membuat bahan bakar lebih irit usahakan untuk tidak mengemudi secara agresif. Karena bila pembukaan throttle semakin besar maka bensin yang dikeluarkan juga akan semakin banyak.

"Kalau penekanan gas lebih agresif akan membuat throttle semakin terbuka sehingga bensin mengalir semakin banyak. Kalau bisa penggantian gigi jangan dilakukan di rpm terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah," kata dia.

Didi menyarankan untuk melakukan perpindahan transmisi pada rpm 2.000-3.000 rpm. Selain itu penggunaan bahab bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik juga menentukan keiritan konsumsi bahan bakar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Matik dan Manual, Mana yang Lebih Irit Bahan Bakar?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/05/180100615/mobil-matik-dan-manual-mana-yang-lebih-irit-bahan-bakar-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm