Ilustrasi garis putih pada kuku
Ilustrasi garis putih pada kuku ( shutterstock)

Waspada, Adanya Bintik Putih di Kuku Bisa Jadi Tanda Bahaya Ini!

6 Oktober 2021 15:06 WIB

SonoraBangka.id - Kita mungkin pernah melihat bintik putih kecil seperti garis atau titik di kuku dan bertanya-tanya kenapa tanda itu muncul?

Biasanya, tanda putih di kuku itu sering dianggap sebagai pertanda bahwa ada seseorang yang merindukan atau menyukai kita.

Padahal, tanda putih di kuku ini merupakan indikasi kondisi kesehatan tertentu, lo. Dalam istilah medis, tanda putih di kuku tersebut dikenal dengan nama leukonychia.

Ada beberapa hal yang menyebabkan tanda putih di kuku itu muncul. Dikutip dari The Healthy, berikut ini 7 penyebabnya.

1. Trauma pada kuku

Tanda putih di kuku bisa terjadi karena adanya trauma ringan atau sedang pada kuku yang sedang tumbuh. Trauma bisa terjadi saat kita membenturkan kuku ke meja, terjepit pintu, atau menggigit kuku.

Dalam hal ini, bintik putih itu mungkin perlu beberapa saat untuk hilang, karena kuku tumbuh perlahan. Jenis trauma ringan ini juga dapat menyebabkan tonjolan kuku daripada tanda putih.

“Kuku tumbuh pada tingkat yang bervariasi — mereka tumbuh lebih banyak di musim dingin dan di bulan-bulan yang lebih dingin,” kata Dr. Kroll, spesialis penyakit dalam di Morganville, New Jersey.

2. Perawatan kuku

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm