Kondisi terkini Mess Anggrek, Bangka salah satu tempat isoter yang tampak sepi.
Kondisi terkini Mess Anggrek, Bangka salah satu tempat isoter yang tampak sepi. ( BANGKAPOS)

Orang Yang Dirawat Karena Terpapar Covid-19 di Babel Menurun, Satgas Himbau Pemanfaatan Isoter

10 Oktober 2021 06:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung (Babel) kini mencatat ada 500 yang terkonfirmasi positif Covid-19 tengah menjalani perawatan atau karantina dan isolasi, hingga Sabtu (9/10/2021).

Sebaran dari 500 orang itu dari Kota Pangkalpinang 138 orang, Kabupaten Bangka 36 orang, Kabupaten Bangka Tengah 78 orang, Kabupaten Bangka Barat 99 orang, Kabupaten Bangka Selatan 28 orang, Kabupaten Belitung 54 orang dan Kabupaten Belitung Timur 67 orang.

“Dengan demikian, orang yang sedang atau masih dalam perawatan dan penanganan dibandingkan dengan kemarin, maka hari ini mengalami penurunan yakni 0,97 persen,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno, Sabtu (9/10/2021).

Ia mengungkapkan untuk ketersediaan tempat tidur di wisama isolasi atau isolasi terpusat di Babel, dari sebanyak 1.334 tempat tidur, yang terpakai 71 tempat tidur, tersisa 1.263 tempat tidur.

Sedangkan yang menjalani karantina mandiri yakni sebanyak 354 orang, menjalani perawatan di rumah sakit darurat 62 orang dan di rumah sakit rujukan 81 orang.

Menurut Andi keberadaan dan penyediaan fasilitas isolasi terpusat atau terpadu (isoter) kini menjadi perihal urgen dan kebutuhan mendesak, sebagai bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Terutama sebagai upaya untuk memastikan kasus Covid-19 dapat dikendalikan dan ditekan serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19..

“Untuk itu diminta kepada satgas kabupaten dan kota yang telah memiliki tempat isoter sebagai fasilitas untuk mengisolasi warganya yang terpapar Covid-19, betul-betul bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin,” tambahnya.(rusmiadi)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Orang Dirawat Karena Terpapar Covid-19 di Babel Menurun, Satgas Ingatkan Pemanfaatan Isoter, https://bangka.tribunnews.com/2021/10/09/orang-dirawat-karena-terpapar-covid-19-di-babel-menurun-satgas-ingatkan-pemanfaatan-isoter.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm