Peta kecepatan internet di negara-negara dunia.
Peta kecepatan internet di negara-negara dunia. ( )

Inilah Kecepatan Internet Indonesia Jika Dibandingkan dengan Negara Asia Tenggara Lain

14 Oktober 2021 13:32 WIB

SonoraBangka.ID - Baru-baru ini Speedtest merilis Speedtest Global Index yang menampilkan ranking kecepatan internet di negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.

Ranking tersebut terbagi menjadi dua kategori, yakni internet kabel (fixed broadband), berisi 180 negara, sementara untuk internet seluler (mobile) memuat 140 negara.

Berbekal data dari Speedtest bulan Agustus 2021 tersebut, Visual Capitalist kemudian membuat visualisasi berupa peta kecepatan internet dunia.

Bentuknya berupa atlas yang negara-negaranya diwarnai sesuai dengan kecepatan masing-masing, mulai dari kuning terang yang melambangkan kecepatan terendah (1 mbps) dan biru gelap yang merepresentasikan kecepatan tertinggi (300 Mbps).

Jika dilihat dari peta kecepatan internet dunia ini, sebagian negara di dunia berwarna oranye, yang berarti kecepatan internetnya kurang dari 100 Mbps. Salah satu negara tersebut adalah Indonesia.

Di kategori fixed broadband, menurut data Speedtest Global Index, Indonesia menempati urutan ke-114 dari 180 negara. Kecepatan internet di Indonesia untuk kategori ini mencapai 26,95 Mbps.

Negara tetangga Indonesia, Singapura menjadi negara dengan internet fixed broadband terkencang di dunia dengan kecepatan mencapai 262,2 Mbps. Kuba menjadi juru kunci dengan kecepatan internet fixed broadband 3,46 Mbps.

Di kategori internet mobile, Indonesia juga masuk zona oranye dan menempati urutan ke-112 dari 140 negara. Kecepatan internet Indonesia di kategori mobile broadband mencapai 21,96 Mbps.

Di kategori ini, Uni Emirat Arab menjadi negara dengan kecepatan internet mobile broadband terkencang dengan kecepatan 195,52 Mbps. Sedangkan Afghanistan berada di urutan bontot dengan kecepatan internet 7,07 Mbps.

 Kecepatan Internet Indonesia di antara negara-negara Asia Tenggara

Di kawasan Asia Tenggara, kecepatan internet di Indonesia menempati urutan kedelapan untuk kategori internet fixed broadband. Sementara untuk kategori mobile, Indonesia menempati urutan kesepuluh.

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm