Kepala Dinas Pendidikan Babel, M.Soleh.
Kepala Dinas Pendidikan Babel, M.Soleh. ( Bangkapos.com/Riki Pratama)

Disdik Bangka Belitung Berencana Menambah Tujuh SMA/SMK di Beberapa Daerah

15 Oktober 2021 15:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Dinas Pendidikan Provinsi Kebupuauan Bangka Belitung bakal berencana menambah gedung di sejumlah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Provinsi Bangka Belitung.

Pasalnya, setiap tahun siswa jumlah lulusan SMP semakin bertambah, sehingga diperlukan tambahan bangunan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka BelitungM Soleh, menyebutkan sebanyak tujuh SMA/SMK baru, direncanakan bakal dibangun beberapa tahun kedepan.

"Sebanyak tujuh sekolah bakal dibuka dan yang sudah jalan operasional itu untuk SMA Negeri 3 di Desa Jeriji, Bangka Selatan, yang sekarang sementara menumpang di SMP 4 Toboali. Total semuanya ada tujuh rencananya, tetapi dibangun bukan satu tahun ini," ungkap Soleh kepada Bangkapos.com, Jumat (15/10/2021) di tempat kerjanya.

Soleh menyebutkan tujuh SMA/SMK yang bakal dibangun tersebut tersebar di berbagai daerah kabupaten/kota di Bangka Belitung.

"Rencananya pada 2022 usulannya, tetapi kita akan melihat skala prioritas. Seperti di Pangkalpinang, Sungailiat kalau bisa satu sekolah, karena Sungaliat ini sudah semakin banyak dan padat."

"Kemudian di Simpang Katis, Bangka Tengah, ini karena memang jaraknya cukup jauh dari lokasi sekolahnya sampai ke Desa Terak, Teru hingga Sungaiselan, termasuk di Bangka Barat daerah Kundi, dan Membalong di Belitunf,"terangnya.

Dengan sistem zonasi, kata Soleh, membuat pemetaan terhadap tempat tinggal siswa yang menjadi faktor rencana pembangunan sekolah di sejumlah daerah.

"Karena kita ingin membuat objektif akuntabel dan kemudian tidak diskriminasi, berkeadilan, terhadap siswa yang rumahnya jauh dari sekolah. Kita ingin mereka ini masuk dalam zonasi, memiliki peluang yang sama untuk sekolah," tambahnya.

Selain itu juga akan dibangun Sekolah Luar Biasa (SLB) di Bangka Utara, Belinyu sebagai upaya pemerataan.

"Pada 2022 ini mempersiapkan Detail Engineering Design (DED) sekolah mana yang bakal kita buka. Selain itu, kondisi formasi penerimaan PPPK mampu meringankan beban untuk menempatkan sekolah, jangan sampai kita menerima lagi guru, karena biaya operasional cukup besar," imbuhnya

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Disdik Bangka Belitung Berencana Tambah Tujuh SMA/SMK di Sejumlah Daerah, https://bangka.tribunnews.com/2021/10/15/disdik-bangka-belitung-berencana-tambah-tujuh-smasmk-di-sejumlah-daerah.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm