Kabid Politik Dalam Negeri, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kesbangpol Provinsi Bangka Belitung.
Kabid Politik Dalam Negeri, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kesbangpol Provinsi Bangka Belitung. ( (Bangkapos.com/Riki Pratama) )

Dana Banpol Kini Rp 6.000 per Suara, Pemprov Babel Kucurkan Rp 2,7 Miliar ke Partai Politik

16 Oktober 2021 14:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Dana bantuan keuangan untuk partai politik atau dana Banpol di tingkat Provinsi Bangka Belitung dikabarkan mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp1.708 per satu suara, kini menjadi Rp6.000 per suara.

Dana Banpol diberikan pemerintah berdasarkan hitungan nilai satu suara dikalikan jumlah perolehan suara.

Kabid Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Babel, Suryadi menyebutkan kenaikan ini baru dilakukan di tahun ini.

"Tahun lalu masih Rp1.708. Itupun ada usulan dari Parpol, jadi mereka mengusulkan bantuan partai politik ini ke gubernur, kemudian kita bentuk tim membahas kenaikan tersebut,"kata Suryadi, Rabu (13/10).

Ia menjelaskan sebelum mengalami kenaikan, Parpol di tingkat provinsi telah mengajukan usulan ini ke Kementerian Dalam Negeri.

"Bila ingin mengajukan kenaikan tentu harus kita ke kementerian, kalau di kabupaten/kota ke gubernur, di kabupaten/kota ini untuk tingkatan DPC dan provinsi tingkat DPD," ucapnya.

Suryadi menambahkan pertimbangan terjadinya kenaikan bantuan partai politik dilihat dari kemampuan keuangan kas daerah.

"Yang menjadi pertimbangan kenaikan karena bantuan politik bisa penanganan Covid-19, jadi pertimbanganya selama tidak menggangu program prioritas. Tidak menggangu, silakan naik, dari kementerian juga ada aturan pelaksanaan anggaran itu. Karena ada kas tersendiri tidak mengganggu kas yang prioritas," tambahnya.

Diakuinya, hingga kini total Rp2.787.264.000, sudah disalurkan ke kas partai politik untuk tingkat Dewan Perwakilan Daerah (DPD) partai politik di Babel.

"Harapan kita Oktober ini selesai untuk disalurkan ke kas masing-masing partai politik. Dari total sembilan partai yang sudah dikirimkan tujuh partai, yang belum hanya ke Golkar dan Nasdem, sisanya belum dan sudah di meja gubernur," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Dana Banpol Jadi Rp 6.000 per Suara, Pemprov Bangka Belitung Kucurkan Rp 2,7 Miliar ke Parpol, https://bangka.tribunnews.com/2021/10/16/dana-banpol-jadi-rp-6000-per-suara-pemprov-bangka-belitung-kucurkan-rp-27-miliar-ke-parpol.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm