SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) menjanjikan bakal memberikan kompensasi bagi pelanggan yang terdampak pemadaman melebihi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP).
General Manager PLN UIW Babel, Amris Adnan menyebutkan terkait managemen beban kelistrikan saat ini yang terjadi karena gangguan, belum dapat dipastikan besaran kompensasi yang akan diberikan.
"Bulan berikutnya kan baru terhitung (kompensasi-red). Kita ngikut aturan permen," kata Amris, Senin (18/10/2021).
TMP dan biaya yang terkait dengan penyaluran tenaga listrik PLN tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017.
Dijelaskannya bahwa, kompensasi atas manajemen beban dihitung secara otomatis oleh sistem PLN dan diberikan kepada pelanggan melalui dua mekanisme yakni:
1. Pelanggan Pra bayar
Pelanggan pra bayar akan diberikan otomatis saat pelanggan membeli token pada bulan berikutnya.
"Pelanggan akan mendapat dua nomor token, yakni satu nomor token adalah nomor atas pembelian token tersebut, sedangkan satu token yang lain adalah nomor token untuk kompensasi," ucapnya.
2. Pelanggan Pasca Bayar
Kompensasi TMP akan diberikan otomatis melalui pemotongan tagihan listrik pelanggan.
Berikut adalah Indikator Mutu Pelayanan PLN yang mendapat kompensasi:
1. Lama gangguan per pelanggan (Jam/bulan/konsumen)
2. Jumlah gangguan per pelanggan (kali/bulan/konsumen)
3. Kecepatan Pelayanan Sambungan Baru Tegangan Rendah (hari kerja)
4. Kecepatan Pelayanan Perubahan Daya Tegangan Rendah (hari kerja)
5. Kesalahan Pembacaan kWh meter (Kali/triwulan/konsumen)
6. Waktu Koreksi Kesalahan Rekening (hari kerja).
Adapun perhitungan besaran kompensasi TMP yakni :
1. Pelanggan Daya 1.300 VA (Tarif Adjustment) :
- Biaya Pemakaian (Rp/kWh) : Rp.1.467.28,-
- Energi minimum (EMin) : 1.300 VA/1.000 x 40 jam : 52 kWh
- Rekening minimum (Rekmin) : 52 kWh x Rp.1.467.28,- : Rp.76.299,-
- Kompensasi TMP : 35% x Rp.76.299,- : Rp.26.704,-
2. Pelanggan Daya 450 VA (Tarif Non Adjustment) :
- Biaya Beban/kVA : Rp.11.000,-
- Kompensasi TMP : 20% x Rp.4.950,- : Rp. 990,-
Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pemadaman Listrik Bergilir, PLN Berikan Kompensasi Bagi Pelanggan Melebihi Tingkat Mutu Pelayanan, https://bangka.tribunnews.com/2021/10/18/pemadaman-listrik-bergilir-pln-berikan-kompensasi-bagi-pelanggan-melebihi-tingkat-mutu-pelayanan.