Penyelam melihat kapal karam di dasar laut di Perairan Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.
Penyelam melihat kapal karam di dasar laut di Perairan Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. ( Dokumen Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan )

Satu-satunya di Babel, Bangkai Kapal Yang Karam di Perairan Pongok Bakal Jadi Objek Wisata Selam

20 Oktober 2021 14:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Ada  tujuh titik kapal karam di Perairan Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan dijadikan objek wisata selam unggulan.

Bangkai kapal yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun itu, berada di kedalaman puluhan meter di dasar laut. Belum diketahui pasti kapal tersebut berasal dari negara mana saja.

Demikian yang disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bangka SelatanMuhammad Ikbal, Rabu (20/10/2021).

Ikbal mengatakan, dari tujuh titik lokasi kapal karam tersebut, pihaknya baru mencatat dan mendokumentasikan sebanyak tiga titik.

Oleh karenanya, lanjut Ikbal, akan terus mendata kapal karam itu untuk dijadikan tempat wisata selam. Lantaran kata Ikbal, di Bangka Belitung untuk wisata di bawah laut hanya ada di Perairan Kepulauan Pongok.

"Langkah ini diambil, karena Kabupaten Bangka Selatan ditetapkan sebagai kawasan super prioritas atau Key Tourism Area (KTA), setelah Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno," ujar Ikbal.

Tindak lanjut dari penetapan tersebut, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, bakal menyiapkan wisata unggulan wisata selam kapal karam yang ada di perairan Kepulauan Pongok.

"Kami akan siapkan mungkin tidak lama lagi, saat ini sedang mendata kapal dan titik yang aman untuk wisatawan nantinya. Kami juga mengaitkan pemuda setempat dan pelaku UMKM serta Homestay yang ada di sana,"ujarnya.

Ikbal berharap, semoga dengan adanya wisata kapal karam ini dapat menarik wisatawan untuk datang ke Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka Selatan.

Sehingga perekonomian masyarakat setempat dan daerah bisa  pulih, dan perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) meluas.

"Semoga dengan adanya objek wisata selam ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang hobi menyelam," katanya.

"Wisata selam kapal karam ini kan wisata khusus, jadi kami juga siapkan tour guide beserta homestaynya yang sebelumnya sudah kita berikan pembinaan," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Satu-satunya di Bangka Belitung, Bangkai Kapal Karam di Perairan Pongok Jadi Objek Wisata Selam, https://bangka.tribunnews.com/2021/10/20/satu-satunya-di-bangka-belitung-bangkai-kapal-karam-di-perairan-pongok-jadi-objek-wisata-selam.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm