Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)(ANDREAS SOLARO)
Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)(ANDREAS SOLARO) ( kompas.com)

Petronas Yamaha Mengaku Terpaksa Untuk Rekrut Dovizioso

29 Oktober 2021 21:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Tim Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) kehilangan pebalap karena Franco Morbidelli pindah ke Monster Energy Yamaha MotoGP. Akhirnya, Andrea Dovizioso direkrut menjadi pebalapnya.

Mantan pebalap Ducati tersebut padahal sempat membantu Aprilia mengembangkan RS-GP musim ini. Tapi, Dovi tak menolak kesempatan untuk menghabiskan sisa musim ini dengan tim satelit Yamaha.

Padahal, sebelumnya Petronas Yamaha SRT sudah menyebutkan bahwa Dovi terlalu tua. Tim asal Malaysia ini juga mempunyai fokus untuk mengorbitkan pebalap muda yang bertalenta.

"Pilihan Dovizioso adalah kompromi, itu menjadi pertanyaan untuk bertahan hidup," ujar Razlan Razali, Team Principal Petronas Yamaha SRT, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Kamis (28/10/2021).

Sebelumnya, tim satelit ini sudah terlihat goyah. Hingga akhirnya Petronas selaku sponsor utama, memutuskan untuk undur diri.

SRT pun berubah namanya menjadi RNF mulai musim depan. Setelah Petronas hengkang, RNF mendapat dukungan dari perusahaan asal Italia, WithU, sebagai sponsor utama.

WithU disebutkan menyarankan kepada Razali agar salah satu pebalapnya berasal dari Italia. Razali pun tidak bisa menolaknya.

"Sebagai tim, kami ingin membesarkan para pemuda, tapi kami harus menyimpang dari filosofi kami. MotoGP adalah bisnis, saya harus mengikuti permintaan dari yang membiayai. Jadi, pilihan pebalap kami berubah," kata Razali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Petronas Yamaha Mengaku Terpaksa Rekrut Dovizioso", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/29/114200815/petronas-yamaha-mengaku-terpaksa-rekrut-dovizioso.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm