Facebook CEO Mark Zuckerberg
Facebook CEO Mark Zuckerberg ( iStock Editorial)

WhatsApp menghentikan dukungannya untuk sejumlah ponsel iOS dan Android mulai Senin (1/11/2021) ini.

1 November 2021 15:21 WIB

SonoraBangka.ID - Siap-siap nih Facebook bakal berubah nama menjadi Meta. Hal tersebut diumumkan Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook pada sebuah acara perusahaan, 28 Oktober 2021.

Perubahan nama Facebook ada kaitannya dengan ide Mark yang seolah ingin memperkenalkan diri sebagai “Metaverse” yang menggabungkan dunia nyata dengan virtual. Adapun saat ini logo Meta dari Facebook berupa tulisan “Meta” dengan sebuah garis bergaya infinity berwarna biru.

Nah, tapi kalian tau nggak nih makna nama Meta dan simbol barunya? Yap ternyata Meta bukan hanya sebuah nama ataupun simbol, tetapi ada filosofi mendalam di baliknya.

Melansir Kompas.com, dalam laman resminya, Facebook menjelaskan bahwa proses desain simbol Meta dirancang untuk hidup dalam gerakan dan 3D. Simbol tersebut digambar dari satu garis yang dibuat menggunakan teknologi Quest yang dimiliki Facebook sendiri.

Simbol Meta seperti yang terlihat membentuk loop berkelanjutan yang bisa digunakan untuk desain 2D dan 3D. Sekilas simbol tersebut menyerupai huruf M yang berarti “Meta” atau jadi huruf 8 horizontal, tetapi bisa juga diartikan sebagai tanda tak terhingga yang melambangkan dunia yang tak terbatas pada Metaverse.

Simbol Meta dirancang untuk hidup secara dinamis di metaverse, nantinya orang-orang dapat bergerak melaluinya. Simbol membentuk tekstur, warna dan gerakan tanpa batas, serta menangkap kreativitas dan imajinasi dunia 3D.

Selain itu, Facebook tetap mempertahankan warna simbol yang mengambil gradien dari warna dasar pada Facebook sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar terciptanya hubungan masa depan dengan asal-usul perusahaan. Sementara itu, kata “Meta” pada logo Facebook yang baru, dirancang sederhana dan akan efektif pada berbagai aplikasi. Adapun jenis huruf yang digunakan adalah jenis huruf buatan perusahaan yang diperkenalkan pada 2019.

Sementara itu, Meta juga memiliki arti namanya tersendiri yang berarti melampaui. Meta diibaratkan siapa pun bisa melampaui masa depan melalui koneksi digital saat ini. Bisa berupa melampaui batasan layar, batas jarak bahkan fisika.

Selain itu, Bloomberg mengungkapkan kalo kata Meta memiliki arti berbeda di setiap negara. Dalam bahasa Portugis dan Spanyol Meta berarti “tujuan”. Sementara pada bahasa Ibrani berarti “mati” yang mengacu pada seorang wanita. Sedangkan pada bahasa Brasil Meta memiliki konotasi seksual.

Nah, itu tadi makna nama dan simbol pada Meta yang merupakan logo baru Facebook. Jadi lebih tau kan sekarang?

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm