Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Mau Tahu Penyebab Terjadinya Kekurangan Cairan Ketuban dan Risikonya?

7 November 2021 17:26 WIB

SonoraBangka.id - Dikarenakan bermanfaat untuk melindungi janin dari benturan, air ketuban sangat penting bagi ibu hamil.

Selain itu juga sebagai tempat yang nyaman bagi bayi, serta antibodi yang terkandung dalam air ketuban dapat melindungi janin dari infeksi.

Selain itu, jumlah air ketuban yang banyak juga bisa membuat bayi bergerak bebas, sehingga terjadi pematangan organ dan pembentukan otot, serta tulang.

Namun, ibu hamil perlu waspada karena terdapat masalah kehamilan menyangkut air ketuban, yang bisa terjadi.

Misalnya saja jumlah air ketuban yang berkurang. Penyebab masalah kehamilan ini terjadi sangat kompleks, sehingga dibutuhkan pemeriksaan terlebih dahulu.

Setidaknya terdapat dua macam pemeriksaan USG (ultrasonografi) untuk mengetahui apakah telah terjadi kekurangan air ketuban atau tidak.

“Ada dua macam caranya, satu dengan cara melihat single deepest pocket, itu harus di atas dua. Atau perut ibunya dibagi empat ruangan, ini yang sering kita lakukan, maka akan dinilai pada masing-masing ruangan dan ditambahkan itu masing-masing harus di antara 10 sampai 20 optimalnya,” jelas dr Muhammad Fadli, Sp. OG Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Rumah Sakit Pondok Indah, kepada GridHEALTH, Senin (11/10/2021).

Sumberhealth
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm