Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)(MIRCO LAZZARI GP)
Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)(MIRCO LAZZARI GP) ( kompas.com)

Alami Diplopia, Marquez Tidak Akan Berpartisipasi di MotoGP Valencia dan Sesi Tes Jerez

9 November 2021 22:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Marc Marquez absen pada MotoGP Algarve karena mengalami gegar otak ringan akibat cedera saat latihan dengan motor motocross. Sayangnya, pebalap Repsol Honda ini juga harus absen pada MotoGP Valencia.

Dikutip dari Crash.net, Selasa (9/11/2021), Marquez mengalami masalah dengan penglihatannya akibat cedera yang didapatnya beberapa waktu lalu. Sebelumnya, disebutkan bahwa dia hanya mengalami gegar otak ringan.

Marquez kembali diperiksa oleh para dokter pada Senin (8/11/2021) dan ternyata ditemukan bahwa pebalap asal Spanyol ini mengalami episode baru diplopia.

Diplopia sendiri merupakan gangguan penglihatan di mana pasien akan melihat dua gambar dari satu objek yang berdekatan, disebut juga dengan penglihatan ganda atau berbayang.

Masalah yang sama pernah menimpa Marquez pada 2011 lalu. Dia pun terpaksa absen pada seri terakhir MotoGP 2021 ini.

Pernyataan dari Repsol Honda mengatakan, "Pebalap Repsol Honda Team tidak akan berpartisipasi pada Grand Prix Valencia akhir pekan ini, begitu pula pada IRTA Jerez Test yang dijadwalkan pada 18 dan 19 November."

"Setelah Marc Marquez menjalani pemeriksaan medis di Dexeus Clinic di Barcelona Selasa lalu, di mana ia dievaluasi setelah jatuh saat berlatih off-road, pebalap ini beristirahat sepanjang minggu di rumahnya di Cervera."

“Selama hari-hari istirahat ini, Marc terus merasa tidak enak badan dan menderita masalah penglihatan, itulah sebabnya Senin ini ia dikunjungi oleh dokter mata Dr. Sánchez Dalmau di Hospital Clínic de Barcelona, yang memeriksanya dan melakukan tes, yang mendeteksi episode baru diplopia."

Sementara dari pihak dr. Sanchez Dalmau, mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan pada Marc Marquez usai kecelakaan yang terjadi telah mengkonfirmasi bahwa dia mengalami diplopia dan telah mengungkapkan kelumpuhan saraf keempat kanan dengan keterlibatan otot oblik superior kanan.

"Perawatan konservatif dengan pembaruan berkala telah dipilih untuk mengikuti evolusi klinis. Saraf kanan keempat ini adalah saraf yang sudah terluka pada tahun 2011," kata dr. Sanchez.

Kemungkinan besar Marquez akan kembali digantikan oleh Stefan Bradl untuk kesekian kalinya. Marquez terhitung sudah absen pada empat seri tahun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alami Diplopia, Marquez Absen di MotoGP Valencia dan Sesi Tes Jerez", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/09/184100115/alami-diplopia-marquez-absen-di-motogp-valencia-dan-sesi-tes-jerez.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm